Yuk Cicipi Sepat, Kuliner Unik Sumbawa yang Semua Bumbunya Dibakar

Berbeda dari kuliner berkuah dari daerah lain yang biasanya disajikan dalam kondisi panas.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Sepat merupakan kuliner olahan ikan khas suku samawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Yang unik dari sepat adalah semua bahan dan bumbunya di bakar.

Selain cara masak yang unik Sepat juga dikenal karena memiliki cita rasa unik yang belum dimiliki daerah lain. Meskipun rasanya unik, cita rasa sepat sangat sesuai dengan lidah masyarakat nusantara.

Sepat biasa disajikan dengan ikan yang dibakar dan dicelupkan ke dalam kuah sepat. Kuah dari sepat pun unik disajikan dalam kondisi dingin. Berbeda dari kuliner berkuah dari daerah lain yang biasanya disajikan dalam kondisi panas.

Kuah sepat sendiri terdiri dari belimbing wuluh, mangga muda, terong, cabai rawit, daun bawang dan bawang merah. Sedangkan untuk ikan, bisa menggunakan jenis ikan tawar maupun ikan laut.

Cara membuatnya cukup mudah, semua bahan ini kemudian dibakar, kecuali mangga muda dan belimbing wuluh. Setelah dibakar, belimbing wuluh, mangga muda, daun bawang dan bawang merah diiris tipis. Sedangkan terong bisa diiris sesuai selera. Semua bahan ini kemudian digerus kasar kecuali terong yang disajikan utuh.

Kuliner Sepat
Kuliner Sepat. INT

Setelah semuanya siap, aneka bahan ini dimasukkan dalam sebuah mangkok dan disiram dengan air hangat. Kemudian, ikan yang sudah dibakar bisa dimasukkan utuh atau dipotong kecil ke dalam kuah sepat.

Disajikan dengan nasi hangat, ikan bakar kuah sepat ini sangat cocok disantap pada siang hari. Karena tidak mengandung lemak dan minyak, makanan yang tidak berkolesterol ini juga cocok dimakan jika badan terasa kurang sehat.

Jika anda baru pertama kali menyantap makanan ini, rasa segar bercampur asam muncul dari belimbing wuluh, mangga muda dan bawang merah yang rasanya menyatu dengan baik. cabe atau lombok (sebutan orang sumbawa untuk cabe) memberikan rasa pedas. Sebelum disantap, ikan bakar sebaiknya dihancurkan langsung di dalam kuah sepat, sehingga rasanya bisa menyatu dengan rasa manis  dan keasaman kuah.

Baca Juga :  Nastar dan Kastengel, Kue Kering Primadona Hari Raya Warisan Belanda

JIka kamu sedang berwisata di sumbawa kamu mesti mencicipi keunikan makanan tradisional yang satu ini. Karena Sepat sangat Populenya di Sumbawa kamu bisa mendapatkan kuliner ini di hampir semua rumah makan di Sumbawa. Pertama sentral kuliner di pinggir Pantai Jempol, kamu juga bisa mencari sepat di Taman Genang Genis, Sumbawa.

Nah, jika kumu berada di Mataram, Lombok, kamu juga bisa dapat mencicipinya di restoran khas sumbawa.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -