Snack Tradisional Sehat dan Simpel Untuk Temani Nonton Bola Malam Hari

Indonesia punya begitu banyak cemilan yang lezat dan mungkin memerlukan waktu yang banyak serta bumbu yang kompleks.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Oleh sebab itu sebagian besar camilan khas Indonesia cocok dikonsumsi saat siang hari atau pagi hari. Jarang sekali ada camilan yang pas dikonsumsi malam hari, akibatnya tidak sedikit pecinta sepakbola mengkonsumsi mie instan dan keripik yang kaya akan MSG.

Tentu mengkonsumsi MSG kurang baik untuk kesehatan, oleh sebab itu kami ada rekomendasi camilan yang bisa Anda konsumsi untuk menonton bola bersama teman atau keluarga di malam hari. Anda bisa membuatnya sebelum pertandingan dimulai, atau sembari Anda mengakses id88.

Sukun Goreng

Sukun Goreng

Buah sukun yang digoreng tidak menyerap minyak terlalu banyak, justru saat permukaan luar sukun cenderung mengeras dan setelah matang Anda tidak akan merasakan minyak yang terlalu banyak di tenggorokan.

- Advertisement -

Cara membuat sukun goreng sangat mudah, Anda hanya perlu mengupas buah sukun yang sudah matang dari pohon kemudian memotongnya sepanjang 5-7 sentimeter. Lalu panaskan minyak dan goreng selama beberapa menit hingga warna sukun berubah menjadi kuning keemasan. Saring beberapa menit dan sukun goreng siap disajikan.

Kacang rebus, pisang rebus, dan jagung rebus

Makanan rebus sangat lekat dengan orang Indonesia contohnya pisang rebus, jagung rebus dan kacang rebus. Untuk ketiga paket makanan ini Anda perlu siapkan 2-3 jam sebelum mulai, agar saat mengkonsumsinya sambil menonton TV gigi Anda tidak kepanasan dan lidah tidak melepuh.

Kacang rebus

Pertama-tama Anda harus mencuci bersih kacang yang ingin direbus. Pastikan semua kacang bebas dari pasir atau tanah yang menempel. Gunakan sikat jika diperlukan. Sembari mencuci bersih kacang, persiapkan air yang banyak di dalam panci. Rebus hingga matang. Jumlah air harus dua kali lipat dari kacang yang ingin dimasak.

- Advertisement -
Baca Juga :  Asal Mula Sop Saudara, Coto Makassar dan Pallubasa, Kuliner Legendaris Sulawesi Selatan

Jika kacang sudah bersih Anda bisa menaburkan garam ke dalam air sebanyak 1 sendok makan kemudian masukan kacang ke dalam air. Rebus hingga matang. 1 kilogram kacang membutuhkan waktu 1 jam hingga matang sempurna, jika kacang yang Anda buat melebihi 1 jam, artinya akan membutuhkan waktu lebih lama.

Pisang rebus

Pisang Rebus

Jenis pisang yang paling aman untuk direbus adalah pisang kepok, maka alangkah baiknya jika bahan dasar camilan ini adalah pisang kepok. Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah membersihkan pisang kepok dari getah tanaman dan serangga terlebih dahulu dengan tissue kemudian potong pisang dari sisirnya.

Setelah itu siapkan air di dalam panci dan masukan pisang ke dalam panci. Masak pisang dengan api sedang yang tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar, lalu jangan gunakan tutup panci saat proses memasak. Biarkan uap panas tidak memenuhi panci agar warna pisang tidak gelap. Kemudian masak hingga 10-15 menit, kecilkan kompor dan biarkan selama 2 menit. Kemudian tiriskan.

- Advertisement -

Jagung rebus

Siapkan daun salam, garam, dan jagung yang belum dikupas kulitnya. Bersihkan jagung sebelum dimasak, sementara siapkan air di dalam panci dan rebus hingga masak. Agar jagung matang sempurna, potong kulitnya pada bagian ujung hingga membuat celah kecil agar air mendidih bisa masuk.

Saat air sudah matang, masukkan daun salam biarkan selama 5 menit dan kemudian masukan jagung lalu rebus hingga 30 menit lamanya dengan api sedang. Pada menit ke-15 taburi garam secukupnya atau sesuai selera. Setelah 30 menit rebus, jagung siap dihidangkan.

Pisang bakar

Hanya pisang uli, pisang kepok, pisang tanduk, dan pisang nangka yang enak jika dibakar. Nah, untuk membuat pisang bakar Anda perlu margarin, gula, madu, dan coklat tabur untuk menambah rasa makanan ini.

Baca Juga :  Nasi Kentut, Kuliner Aneh yang Bikin Ketagihan

Belah pisang menjadi dua kemudian potong kecil jika perlu. Panaskan teflon anti lengket dengan api kecil dan cairkan satu sendok makan margarin diatasnya. Kemudian masukan pisang ke atas teflon. Pada tahap ini membutuhkan waktu 3-5 menit hingga permukaan pisang kecokelatan, jika sudah berubah warna ganti ke sisi lainnya.

Saat kedua sisi sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Anda bisa sajikan pisang panggang dengan madu/ gula/ cokelat/ keju.

Puding Buah

Siapkan jelly instan berwarna bening, puding instan rasa coklat, buah kiwi potong kecil-kecil, anggur belah dua, stroberi yang sudah dipotong, serta mangga yang sudah diotong kecil-kecil. Atau jika Anda punya buah favorit, Anda bisa menggantinya dengan buah lain. kemudian jika buah sudah dipotong kecil. susun di dalam loyang jelly.

Masak terlebih dahulu jelly instan bening. Pada tahap ini Anda bisa mengurangi kadar gula yang dianjurkan. Misalnya jika gula yang dianjurkan 200 gram, Anda bisa menguranginya menjadi 100 gram karena akan ada buah yang rasanya sudah manis menjadi satu hidangan puding.

Jika jelly bening sudah mendidih, tuangkan jelly bening secara perlahan ke dalam loyang. Pastikan susunan buah tidak terayak dan tingginya tidak melebihi susunan buah. Diamkan hingga dingin dan mengeras.

Saat susunan pertama sudah dingin, Anda bisa memasak puding coklat hingga mendidih dan menempatkannya di loyang yang sama sebagai lapisan kedua. Biarkan hingga mengeras dan dingin, masukan ke dalam kulkas. Kemudian hidangkan jika sudah siap.

- Advertisement -