Cinta di Celebes Canyon, Sungai Kecil yang Menawan

Mungkin sedikit berlebihan atau pun gombal. Tetapi ini kali pertama mata saya berhenti berkedip untuk beberapa detik. Saya terhipnotis oleh ciptaan Tuhan yang sangat menginspirasi. Kecantikan Celebes Canyon tak jauh berbeda dengan kecantikan tiga 'peri' yang pernah saya temui di Kab. Barru.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Awal mulanya saya mengira bahwa Celebes Canyon adalah nama makanan dan minuman tradisional yang ada di Kabupaten Barru. Hal ini membuat saya sangat penasaran dan merasa ingin segerah mencoba makanan dan minuman tersebut. Disebuah warung! dengan penuh percaya diri, saya bertanya tentang makanan dan minuman aneh itu. Semua orang tertawa atas pertanyaan saya itu.

Tak lama kemudian seorang lelaki menjelaskan bahwa Celebes Canyon adalah sebuah tempat wisata alam yang wajib untuk dikunjungi.

Aliran Sungai Celebes Canyon
Aliran Sungai Celebes Canyon. DI

Tentunya wisata alam ini tak begitu dikenal layaknya tempat wisata lainnya di Sulawesi Selatan. Tetapi sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Barru tanpa sempat menikmati wisata alam yang satu ini. Anda boleh datang kapan saja. Menikmati hari libur bersama pacar, sahabat atau pun sanak saudara.

Secara administratif Celebes Canyon berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi selatan. Tepatnya dialiran sungai ule. Sungai ule adalah salah satu sungai yang masih sangat alami dan bersih.

Aliran Sungai
Aliran Sungai. DI

Rute menuju wisata dari kota Makassar tidak begitu sulit seperti Anda menembak seorang wanita cantik. Dari kota Makassar, melewati Kabupaten Maros. Dilanjutkan menuju kabupaten barru melalui Jalan Pangkajene “Barru. Dilanjutkan lagi ke arah kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng. Anda akan melihat papan petunjuk ke lokasi Celebes Canyon.

Anda juga harus berhati-hati, jika menggunakan motor atau pun mobil. Sebab jalan menuju lokasi tersebut sangatlah licin dan berjurang. Jalan tersebut hanya bisa dilewati satu mobil saat berlawanan arah.

Tak ada fasilitas yang istimewa selain anda harus membayar pakir sebesar Rp. 5000. Dengan demikian, anda diperbolehkan membawa makanan atau pun minuman masing-masing. Tetapi yang perlu diingat oleh para pengunjung adalah jagalah kebersihan disekitar agar tetap terjaga kealamiannya.

Baca Juga :  Mulut Seribu, Raja Ampatnya Pulau Rote
Aliran Sungai Celebes Canyon
View lain Celebes Canyon. DI

Setelah sampai di parkiran, pengunjung akan dirayu merdu pemandangan hijauhnya persawahan. Dengan menyusuri pematang kecil yang digunakan oleh para petani setempat. Kurang lebih 10 menit, Anda sudah sampai di sungai tersebut.

Menenangkan pikiran atau sekadar foto bisa kamu pilih. Namun, rugi rasanya bila Anda berkunjung, tanpa Mandi di Celebes Canyon. Airnya yang dingin begitu menyegarkan. Namun, tetap harus hati-hati, Kondisi bebatuan yang membentuk beberapa air terjun mini membuat air mengalir deras, bila tidak hat-hati, Anda bisa terbawa arus atau jatuh dari tebing bebatuan.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -