Pulau Kinde, Permata Tersembunyi di Nagekeo

Pulau Kinde adalah satu-satunya Pulau yang berada di Kabupaten Nagekeo yang masih belum di Explorer banyak Wisatawan.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Pulau Kinde terletak di Desa Tendakinde, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo, Flores Utara, Nusa Tenggara Timur. Luas Pulaunya sekitar 11,36 ha yang dihiasi dengan keindahan pasir putih serta sebuah Bukit yang menawan.

Pulau yang tak berpenghuni ini diharapankan  bisa menjadi salah satu destinasi wisata di pantai utara nyaman dan menyenangkan.

Nama Kinde sendiri diambil nama leluhur  Etnis Toto Wolowae, Etnis yang mendiami separuh wilayah di Kabupaten Ende. Nama Kinde bermakna persatuan, persaudaraan lintas batas dan kesejahteraan.

- Iklan -

Pulau Kinde berada diatara empat Kabupaten sebelah Barat yakni Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kabupaten Ngada, dan empat kabupaten lainnya di sebelah timur yaitu Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sika, dan Kabupaten Flores Timur.

Pulau Kinde
Pulau Kinde bisa jadi salah satu tempat wisata yang asik. IST

Untuk bisa sampai di Pulau ini teman-teman bisa berlayar menggunakan perahu yang keseharian biasa berfungsi sebagai Bagang/Kelong tangkap ikan para nelayan. Dengan jarak tempuh dari dari Pesisir pantai Kaburea menuju pulau kinde membutuhkan waktu satu setengah jam dengan tarif pulang pergi  500 ribu Untuk rombongan maximal 30 orang.

Selama perjalanan kita  akan dimanjakan  hamparan pulau, bukit-bukit yang menjulang dengan keindahan alam yang begitu mempesona dan menariknya lagi pemandangan di pulau ini tidak akan sama dengan musim hujan dan musim kemarau. Karena ketika musim hujan rumput berwarna hijau dan ketika musim kemarau rumput serta bukit akan berubah menjadi warna coklat.

- Iklan -

Penduduk Kaburea rata-rata pendatang yang berasal dari Sulawesi dan berprofesi sebagai nelayan dan petani garam.

Pulau Kinde memiliki keunikan dan keindahan alam yang sangat luar biasa.  Ketika kita sudah sampai di Pulau Kinde kita akan disuguhkan pasir putih, air laut yang jernih, dan panorama laut yang begitu cantik, serta bukit yang indah.

Baca Juga :  4 Pesona Pantai Motadikin, Surga Kecil di Kabupaten Malaka

Kamu haru mendaki ke bukit yang cukup tinggi dan terjal dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Jadi kita perlu lebih berhati-hati. Di bukit ini juga dipenuhi batu-batuan dan alang-alang.

- Iklan -
Pulau Kinde
Keindahan Pulau Kinde tak kalah dengan pulau Rinca Komoda

Dengan besar harapan, agar kedepannya pemerintah bisa lebih memerhatikan untuk akses jalan menuju ke bukit ini. Krena dari atas bukit inilah kita akan mendapatkan view yang begitu indah nan cantik.

Diatas Puncak Bukit terdapat bangunan-bangunan semi permanen yang sudah rubuh yang konon menurut warga setempat adalah tempat pemujaan.

Menurut sejarahnya bahwa konon banyak orang yang memilih untuk hidup diatas bukit dengan berbagai alasan salah satunya untuk menghindari ancaman kondisi perang dunia kedua.

Setelah puas menikmati pemandangan dari atas bukit, waktunya turun untuk menikmati keindahan pasir putih yang cantik serta airlaut yang jernih. Bukan hanya itu akan tetapi kita bisa melihat panorama bawah laut yang begitu menakjubkan jernihnya air laut.

Disarankan sekali untuk kita yang sedang berkunjung untuk membawah lengkap dengan perlengkapan snorkling sehingga dapat melihat lebih jelas panorama bawah laut yang dimiliki Pulau Kinde.

Dihiasi dengan terumbu karang menjadikan rumah bagi ikan-ikan kecil untuk berlindung. Sedemikian keindahan panorama laut Pulau Kinde tidaklah kalau jauh dengan keindahan alam bawah laut seperti di Riung, Bali dan Lombok.

Ketika kita berada di Pulau Kinde banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti, berenang di tepi pantai, mendaki di Bukit Kinde, Snorkeling dibawah laut, bermain pasir putih, serta melepas penat sambil membakar ikan dipinggir pantai.

- Iklan -

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

BAGIKAN