12 Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao, Surga Bagi Pecinta Pantai

Kabupaten ini memiliki 107 pulau kecil dan enam di antaranya tidak dihuni. Jadi jangan heran bila Kabupaten Rote Ndao dianugrahi tempat-tempat indah yang memesona.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Artikel ini berisi tempat wisata Rote Ndao. Kabupaten Rote Ndao adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di beranda terselatan Indonesia. Ibu kota kabupatennya berada di Baa. Rote Ndao  memiliki luas wilayah 1.280,10 km² dan berpenduduk sebanyak 165.807 jiwa  pada tahun 2020.

Kabupaten Rote Ndao jaga jadi kabupaten atau wilayah paling selatan di Indonesia dan  benua Asia secara keseluruhan. Kabupaten ini memiliki 107 pulau kecil dan enam di antaranya tidak dihuni.

Wilayah utama kabupaten ini terdapat di pulau Rote, sebagai pulau yang paling besar di antara 107 pulau yang termasuk wilayah administratif kabupaten Rote Ndao. Enam pulau kecil lain yang berpenghuni adalah pulau Usu, Ndana, Ndao, Landu, Nuse, Do’o.

- Advertisement -

1. Pulau Landu, Desa Terselatan Indonesia

Tempat Wisata di Rote Ndao
Pulau Landu

Dari pantai Desa Batutua di ujung Pulau Rote, perjalanan menuju Pulau Landu ditempuh menggunakan perahu kayu selama sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan sabana yang menghampar luas. Terkadang, tampak kawanan sapi atau domba yang tengah asyik merumput. Lansekap di depan mata dan langit yang biru cerah bersekongkol merobohkan kebosanan perjalanan.

Disana kami bisa melihat rumah-rumah penduduk berdinding batako di bagian depan, papan di bagian belakang dan beratap seng, namun ada pula rumah berdinding papan dengan beratapkan daun lontar. Di halaman-halaman rumah, ada banyak babi, kambing dan anjing yang berkeliaran.

- Advertisement -
Lokasi
Desa Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.
Maps

 

2. Telaga Nirwana, Cantiknya Bukan Main

Tempat Wisata di Rote Ndao
Telaga Nirwana.

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao selanjutnya adalah sebuah telaga. Telaga Nirwana sajikan keindahan alam sedikit berbeda. Disana kamu akan meneukan batu berbentuk hati yang tercipta secara alami di tengah telaga, membuat tempat ini semakin unik. Banyak wisatawan datang hanya untuk sekedar melihat dan berfoto ria di sini.

Telaga Nirwana juga dikelilingi pepohonan rindang dan hijau yang tumbuh subur. Lantaran belum terlalu dikenal , suasana danau relatif sepi. Kamu bisa berenang atau sekedar berendam sepuasnya, bagaikan berada di private pool. Sensasinya bakal sangat asyik, apalagi ditemani udara sejuk serta kicauan burung merdu.

- Advertisement -
Baca Juga :  7 Tempat Wisata Wajib di Sumba Timur: Akses, Lokasi dan Harga Tiket
Lokasi
Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.
Maps

3. Pantai Tolanamon

Tempat Wisata di Rote Ndao
Pantai tolanamon

Pantai Tolanamon merupakan sebuah teluk yang menghadap ke arah samudera Indonesia. Ia juga diapit tebing-tebing karang yang kokoh di kedua sisinya sehingga teduh seperti kolam renang yang tenang dan bersih, aman untuk mandi dan berenang.

Sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang bersih dipadu dengan pepohonan yang rindang dan menghijau, sesekali melintas camar laut sekadar ikut memberi warna di pantai Tolanamon.

Di jamin setelah melihat keindahan pantainya, semua kelelahan akan terbayar kala melihat kokohnya tebing karang seakan tersenyum sembari berkata selamat datang.

Lokasi
Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

4. Pantai Mulut Seribu

Tempat Wisata di Rote Ndao
Pantai Mulut Seribu

Katanya keindahan pamtai ini bisa disandingkan dengan keindahan Kepulauan Raja Ampat di Papua yang tersohor.

Lalu kenapa diberi nama Mulut Seribu? Apa karena pantai ini cerewat seperti emak-emak komples? Tempat ini merupakan sebuah pantai yang mempunyai banyak tebing dan karang yang membentuk gua dan terlihat mempunyai banyak “mulut.”

Jadi, bisa dibilang perjalanan Mulut Seribu adalah perjalanan menyusuri laut, serta melewati tebing-tebingnya yang terbentuk secara natural dengan menggunakan kapal kayu bermotor. Perjalanan dihiasi dengan pemandangan batu-batu karang yang tak jarang ditumbuhi oleh pepohonan.

Hijaunya pohon terlihat menyatu dengan gelapnya batu karang yang disekeliling berdiri tebing-tebing tajam, serta ombak yang menerpa-nerpa sisi dengan cukup keras.

Untuk menimati semua keindahan itu, kamu harus menyewa kapal nelayan dari Pelabuhan Papela. Biaya sewa kapal berkisar 500 ribu – 1 juta rupiah satu kali tur memutari mulut seribu.

Lokasi
Papela, Pulau Rote, Rote Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Maps

6. Mata Air Oemau

Tempat Wisata di Rote Ndao
Mata Air Oemau

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao yang ini bukal pantai. Yap, mata air ini seolah menjadi oase di tengah cuaca panas karena menjadi yang terbesar di selatan Indonesia. Dikelilingi pepohonan, suasana tenang dan sejuk sangat terasa di area ini.

Siapapun yang datang, mereka akan terpana dengan jernihnya air. Maka tidak heran, kebanyakan dari pengujung langsung tertarik untuk menceburkan diri. Di kolam ini juga terdapat kumpulan ikan-ikan kecil yang akan menggerogoti kulit mati saat kaki dicelupkan ke dalam kolam.

Baca Juga :  Keindahan Air Terjun Boni Taukrubu dengan Susunan Batu Uniknya

Air kolam ini jadi salah satu yang disatukan untuk pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Lokasi
Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.
Maps

7. Pantai Oeseli

Pantai Oeseli
Pantai Oeseli

Pantai Oeseli adalah sebuah pantai yang berair tenang. Pantai ini dikelilingi dan dihiasi oleh bebatuan karang cadas yang bertumpuk, dan berbentuk seperti teluk dengan hamparan pasir putihnya serta berair sangat jernih, bersih dan belum tercemar.

Letaknya yang berada di tepian ujung pulau menjadikan pantai ini sedikit tersembunyi sehingga letaknya tak cukup diketahui banyak orang. Tak banyak ditemui wisatawan lokal maupun mancanegara di pantai ini. Terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, pantai ini akan ramai dikunjungi oleh anak muda dari desa setempat pada hari libur.

Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dengan ombak dan gelombang yang tidak besar sehingga sangat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang atau sekedar bermain air.

Lokasi
Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, NTT.
Maps

8. Pantai Boa

Tempat Wisata di Rote Ndao
Boa

Pantai Bo’a ini dikenal dunia kerena memiliki ketinggian ombak yang mencapai 7 kali gulungan dan yang terbesar setelah pantai Hawaii. Setiap musim ombak kira-kira bulan September-Oktober, di pantai ini sering kali diadakan event olah raga selancar baik regional maupun yang berkelas internasional.

Namum, tidak hanya ombaknya saja yang diburu wisatawan,  panorama hamparan pasir putih, biru laut dan alamnya yang indah sangat cocok untuk berenang, snorkeling, memancing dan lokasi mengunjungi Pulau Ndana (pulau terujung selatan Indonesia).

Jangan lupa mengunjungi desa-desa setempat untuk mengenal lebih dekat adat dan budaya masyarakat sekitar Rote.

Lokasi
Desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

9. Pantai Dombo

Pantai Dombo
Pantai Dombo

Bagi kamu yang menyukai pantai dengan suasana yang tenang, datanglah ke Pantai Dombo. Hamparan pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas yang berujung di laut Australia.

Yang menarik dari  Pantai Dombo adalah area spot untuk berfotonya yang sangat banyak. Panorama indahnya terpancar dari  tebing batu yang bagian tengahnya berlubang. Air lautnya yang indah, mengalir tepat di bawah tebing.
Lokasi
Desa Kuli, Lobalain Kabupaten Rote Ndao, NTT
Maps
Baca Juga :  Keindahan Tanjung Menangis dan Legenda Putri Datu Samawa

10. Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera
Pantai Tiang Bendera

Pemberian nama pantai Tiang Bendera bukan kerena ada tiang bendedar dibatuan karang pantai tersebut namun dilatarbelakangi peristiwa heroik perjuangan rakyat Rote mengusir penjajah Belanda.

Lalu, kengapa disebut Tiang Bendera? Pasalnya di atas bebatuan karang yang berada di tengah laut tersebut, terdapat sebuah tugu batu beton setinggi 2,5 meter yang sengaja dibangun oleh Belanda. Konon, tiang tersebut  sebagai penanda tanah jajahan Belanda pada zamannya.

Kamu dapat menaiki bukit karang tersebut. Jika air sedang surut, pengunjung juga dapat memasuki gua-gua batuan karang yang terdapat di gugusan karangnya.

Lokasi
Kota Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

11. Pulau Do’o

Pulau Doo
Pulau Doo

Pulau tak berpenghuni ini dikelilingi hamparan karang alami. Pulau Do’o jadi destinasi terbaik untuk snorkeling dan scuba diving. Dengan kedalaman maksimal hanya 12 meter dengan kondisi arus yang tenang.

Sembari menyelam, kamu bisa melihat hampar terumbu karang yang indah. Lautnya yang biru jerni membuat kamu dapat melihat biota  lautseperti ikan bayan, kerapu, sweetlips, porcupine, trigger, wrasse, fusilier, butterfly, batfish, damselfish, sedang bermain-main.

Lokasi
Pulau Do’o
Maps

12. Bukit Mando’o

Bukit Mando'o
Bukit Mando’o

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao berikutnya adalah bukit. Bukit ini menawarkan panorama keindahan yang sangat menakjubkan dari ketinggian. Hamparan laut biru menyatu dengan hijaunya hutan bakau menambah sensasi kesejukan bukit ini.

Tipikal kontur dan struktur tanahnya yang lebih didominasi oleh kapur serta perbukitan rendah, menjadikan Rote tidak memiliki gunung berapi. Titik tertinggi sdi pulau yang berpenduduk 130.000 jiwa ini pun tidak mencapai 1500 meter.

Untuk mencapai puncak bukitnya, pengunjung harus menaiki 488 anak tangga. Namun karena sebelumnya hanya berjumlah sekitar 300-an saja, jadi bukit ini lebih dikenal dengan sebutan “Bukit Tangga 300” oleh masyarakat setempat.

Lokasi
Desa Kuli, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

 

- Advertisement -