Rekomendasi Tempat Wisata Wajib di Kabupaten Rote Ndao, Serpihan Surga di Wilayah Paling Selatan Indonesia

Walau haya sebuah pulau, tetapi  soal keindahan pemandangan, Rote Ndao dianugrahi alamnya begitu indah, menyimpan sejuta kekayaan, baik di laut dan di darat.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Pulua Rote merupakan salah satu pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan pulau paling selatan Indonesia yang terkenal dengan alat musik Sasando-nya. Tak hanya Sasando, Pulau Rote juga dikenal dengan keindahan pantai yang unik dan mempesona. Ingin ke Pulau rote? Berikut Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao yang wajib kamu jelajahi.

1. Pantai Laviti

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao
Pantai Laviti

Ombak yang tenang berpadu dengan hamparan pasir putih yang berkilau diguyur siraman sinar matahari membuat pantai ini makin  bagitu indah.  Yup, Pantai Liviti, pantai ini menawarkan suasana dengan panorama tebing yang jadi pelindung Pantai.

Walau hanya memiliki garis pantai sepanjang 200 meter, tetapi  soal keindahan pemandangan, Pantai ini bisa disandingkan dengan pantai-pantai indah di NTT. Selain perairannya yang jernih, pantai ini juga dikelilingi oleh bebatuan karang berbatasan langsung dengan luasnya Laut Timor.

- Advertisement -
Lokasi
Daiama, Kec. Rote Tim., Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

2. Pantai Lifulada

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao
Lifulada Beach

Jalan masuk pantai Lifulada ditandai papan petunjuk yang sekitarnya ditumbuhi pohon kelapa yang wajib kamu jadikan objek foto. Bibir pantainya juga ditumbuhi pepohonan hijau dan lopo sederhana yang dapat dijadikan tempat berteduh serta wahana permainan.

Tepat di sisi kiri pantai berdiri batuan karang yang memagari pantai, di atas batu karang ini terdapat tulisan ‘Pantai Lifulada’. Walau garis pantainya tak begitu panjang, namun hamparan pasir putih dan biru air laut, yang diapit  berbatu karang membuat pantai ini layak masuk pantai terindah di Pulau Rote.

Lokasi
Oenggaut, Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT
Maps

 

- Advertisement -

3. Pantai Oesosole

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao
Pantai Oesosole

Pantai berpasir putih itu memiliki batu karang berbentuk hati tak jauh dari bibir pantai belum terlalu ramai dikunjungi.

Batu karang berbentuk hati yang menjadi ikon pantai ini ketika air surut kita bisa bermain ke karang-karang tersebut dan melihat banyak ikan-ikan kecil dan binatang lainnya disekitar karang.

Baca Juga :  Mendatte Park, Surga Tersembunyi di Lembah Suruganna Bambapuang

Pantai ini juga dikelilingi pohon pinus yang cantik. Belum ada masyarakat sekitar yang berjualan ditempat ini sehingga disarankan untuk membawa bekal sendiri.

- Advertisement -
Lokasi
Faifua, Kec. Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, NTT
Maps

4. Pantai Tongga

Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao
Pantai Tongga

Saat mengunjungi Pantai Tongga, kamu akan dimanjakan dengan oleah hamparan pasir putih yang luas. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadikan pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati sepi.

Selain  hamparan pasir putih yang luas,pantai ini juga menyediakan keindahan bawah laut yang memukau. Sangat cocok bagi kamu para pecinta wisata alam.

Lokasi
 Mbueain, Kec. Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

 

5. Pulau Ndana

Pulau Ndana
Pulau Ndana
Lokasi
Pulau Dana, Kolorae, Kec. Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, NTT.
Maps

 

Letak Pulau Ndanaberada di ujung selatan Pulau Timor sebagai pintu masuk jalur pelayaran internasional. Pulau ini tidak berpenghuni, hanya terdiri dari flora dan fauna. Saat ini dimanfaatkan untuk cagar alam khususnya rusa. Pulau Ndana oleh pemerintah dijadikan tempat wisata (Taman Buru Nasional).

Disamping satwa langka, memiliki alam yang indah dan merupakan pulau yang mengandung sejarah. Pulau Ndana memiliki titik referensi (TR-121) sebagai acuan TD-121 yang merupakan titik dasar penarikan garis batas wilayah perairan NKRI dengan Australia.

6. Danau Laut Mati Oemasapoka

Danau Laut Mati Oemasapoka
Danau Laut Mati Oemasapoka

Suasana di sekitar danau sangatlah hening dan sunyi, bahkan nyaris tak terlihat seorang pun. Obyek Wisata ini memiliki keunikan karena pasirnya berasal dari kulit kerang (keong). Kandungan air di Laut Mati Rote berbeda dengan air laut pada umumnya, yaitu tidak terlalu asin.

Karena itulah ikan-ikan yang biasanya hidup di air tawar masih dapat hidup dan berkembang di danau ini. Hal ini berdasarkan penglihatan penduduk setempat yang mengamati dan meneliti bentuk fisik dari ikan tersebut. Sedangkan dari danau laut mati menuju laut lepas berjarak sekitar 1 km.

Baca Juga :  GWK Cultural Park, Adikarya dari Pulau Dewata
Lokasi
Dusun Sipuk, Desa Sotimori, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao.
Maps

7. Kolam Sulimatan

Kolam Sulimatan
Kolam Sulimatan

Sulimatan merupakan pemandian air tawar yang berada di tengah perkebunan warga. Airnya yang sejuk dikelilingi pohon memar menambah kesan alamiah dan natural dari destinasi ini. Berenang di tempat ini akan membuat kamu serasa berenang di kolam renang pribadi karena suasana yang sejuk dan kesegaran airnya.

Lokasi
Edalode, Kec. Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Tim.
Maps

8. Pulau Pamana

Pulau Pamana
Pulau Pamana

Pamana atau Dana, Dona dan Ndana adalah pulau terluar yang terletak di sebelah barat daya Pulau Rote dan sangat dekat dengan wilayah Australia. Ndana jadi wilayah paling selatan dari Indonesia dan benua Asia.

Pulau Ndana termasuk lima pulau terluar di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia. Luas pulau hanya 14,19 kilometer persegi atau sekitar 1.400 hektare.

Pulau ini menawarkan wisata alam pantai yang indah dan menakjubkan. Di tengah pulau terdapat suatu danau bernama Danau Merah. Konon, danau ini digunakan oleh para pasukan perang untuk membersihkan senjata mereka setelah berperang hingga mengubah air di danau ini menjadi merah, oleh sebab itulah danau ini bernama Danau Merah.

Lokasi
Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Maps

9. Pantai Batu Pintu

Pantai Batu Pintu
Pantai Batu Pintu

Pantai Batu Pintu adalah pantai berpasir putih yang dihiasi dan dikelilingi oleh batu cadas yang besar. Pintu masuknya pun berasal dari bongkahan batu cadas yang tengahnya berlubang yang seolah menyerupai pintu gerbang yang akan mengantar kita untuk melihat keindahannya.

Oleh sebab itu pantai ini dinamankan Pantai Batu Pintu. Sebelum memasuki pintu gerbang, disebelah kiri terdapat undakan kecil untuk pengunjung bisa naik ke atas batu karang yang jadi semacam bukit. Disini pengunjung bisa melihat panorama pantai batu pintu yang mempesona dari ketinggian.

Baca Juga :  Air Terjun Oehala, Air Terjun Bertingkat Anti Galau

Pada sisi kiri bukit terdapat sebuah teluk dengan ombak yang relatif tenang. Sebuah pantai dengan padang rumput di belakangnya mengelilingi teluk ini. Sedangkan di sebelah kanannya, terlihat ombak yang silih berganti menuju pesisir. Agak ke tengahnya, terlihat sebuah pulau karang yang tidak berpenghuni. Kemudian lebih jauh lagi, terdapat pulau Ndana yang berbatasan dengan perairan Australia.

Lokasi
Tj. Lelete Barat, Kabupaten Rote Ndao, Boa, Kec. Rote Barat, NTT.
Maps

10. Pulau Nuse

Nuse Island
Nuse Island

Keindahan Padang Bunga yang tiada tara. Tidak perlu membuang banyak biaya ke Netherland, Japan ataupun Canada. Cukup ke Pualu Nuse.

Pulau Nuse memiliki ekosistem terumbu karang dan ikan serta pantai berpasir putih yang dapat ditemui hampir di seluruh bagian pulau. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling maupun menyelam dengan membawa peralatan sendiri.

Walau kecil, namun dipulai ini tersimpan keindahan Alamnya begitu indah, menyimpan sejuta kekayaan, baik di laut dan di darat, yang belum banyak diketahui. Akses untuk menuju Pulau Nuse dapat dilakukan dengan menggunakan perahu bermotor yang disewa melalui Pantai Tongga, Rote.

Lokasi
Ndao Nuse, Kec. Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao, NTT.
Maps

 

Itulah tempat wisata di Kabupaten Rote Ndao yang bisa kamu jelajaihi. Baca juga artikel dibawah.

- Advertisement -