Es Lidah Buaya, Minuman Berserat Khas Pontianak

Tanaman Lidah buaya sudah identik dengan Kota Pontianak. Tanaman ini dengan mudah jumpai di beberapa bagian kota yang berjuluk kota khatulistiwa ini.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Tanaman Lidah buaya sudah identik dengan Kota Pontianak. Tanaman ini dengan mudah jumpai di beberapa bagian kota yang berjuluk kota khatulistiwa ini.

Oleh karena itu, masyarakat di Kota Pontianak, menawarkan minuman khasnya untuk  mengantisipasi kondisi iklim yang ada. Minuman Es Lidah Buaya ini menyajikan aroma kesegaran bagi penikmatnya.

Tanaman lidah buaya alias bahasa biologinya Aloevera menjadi minuman favorit di Kota Borneo. Ternyata tak hanya dipercaya sebagai vitamin alami untuk rambut, lidah buaya ini malah menjadi minuman yang segar dan nikmat untuk disajikan khususnya pada siang hari.

Dengan bahan baku utama Lidah buaya yang sudah didiamkan terlebih dahulu untuk  mengurangi kadar getahnya, kemudian batang lidah buaya dikupas dan diambil daging dalamnya saja.

Semua pasti langsung bisa membuat Es Lidah Buaya dengan resep yang mudah ini Kemudian daging lidah buaya yang sudah dikupas tadi, dipotong dadu dan direndam dalam air garam untuk menghilangkan rasa gatal.

Minum lidah buaya khas Kota Pontianak. Ft : Internet

Setelah itu direbus sebentar bersama gula batu. Minuman sederhana Es lidah Buaya khas Pontianak ini bisa dengan mudah dijumpai di kedai minuman dan cafe-cafe dengan harga terjangkau.

Bahkan tak jarang jika di sekitaran jalan, banyak dijumpai para pedagang yang menjajakan batang lidah buaya baik yang masih utuh maupun sudah dikupas.

Mengingat manfaatnya yang luar biasa, karena selain sebagai minuman yang nikmat, lidah buaya memiliki peranan dalam menurunkan panas dalam serta penyakit magh.

Kandungan lida buaya

- Advertisement -

Bahan baku minuman khas Pontianak ini diambil dari daging pelepah lidah buaya yang dipotong kecil-kecil untuk kemudian diberi larutan varian rasa salah satunya lychee.

Selain dibuat menjadi minuman berserat, lidah buaya juga dijadikan jus lidah buaya yang tentu saja kaya serat dan memiliki sumber kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Tanaman lidah buaya sendiri memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, B1, Kalsium, Magnesium, Potasium.

Selain itu, mengkonsumsi lidah buaya juga bermanfaat untuk pembersih tubuh, menstabilkan kadar kolesterol darah, dan juga memperlambat penuaan dini. 

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -