Mie Aceh, Kuliner Lezat Perpaduan Budaya Asing

Karakterisitik mie yang digunakan yaitu berwarna kuning dengan bentuk yang tebal, mie ini diberi sebuah topping berupa irisan daging sapi kambing atau seafood.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Indonesia, negeri dengan sejuta budaya. Berbagai budaya dan tradisi terjaga dengan baik di negeri kita ini. Salah satu budaya yang patut kita bahas adalah dari makanan tradisionalnya. Berbagai daerah diindonesia bahkan  memiliki keunikan tersendiri dari segi masakan tradisionalnya. sejarah mie aceh.

Salah satunya kita akan membahas makanan tradisional yang ada di Aceh. Aceh terkenal dengan salah satu makanan tradisionalnya yang diberi nama mie aceh. Kudapan berbahan baku mie ini berbeda dengan makanan berbahan mie yang lain. Masakan ini memiliki ciri khas yang hanya bisa di temukan di Aceh.

Karakterisitik  mie yang digunakan yaitu berwarna kuning dengan bentuk yang tebal. Mie  ini diberi sebuah topping berupa irisan daging sapi kambing atau seafood. Saat disajikan, Mie ini diberi kuah kental dengan bumbu khas Aceh. Mie ini memiliki rasa pedas dan bumbu yang kuat saat dirasakan, membuat kita akan ketagihan menyantap.

Saat disajikan, mie aceh ini juga dilengkapi dengan berbagai bahan pelengkap seperti bawang goreng, bawang merah mentah yang telah diproses, mentimun serta perasan jeruk nipis. Mie Aceh sendiri memiliki dia varian yaitu mie aceh goreng dan mie aceh rebus.

Untuk jenis mie aceh goreng maka mie ini memiliki Karakterisitik yang kering serta jika mie aceh berjenis kuah akan memiliki bentuk seperti sup.

Sejarah Mie Aceh 

Mie aceh menunjukkan sejarah budaya masyarakat Aceh dengan yang mendapat banyak pengaruh budaya asing yang membentuk wilayah Aceh. Kuah berbahan dasar kari adalah pengaruh masakan India, sedangkan mie adalah pengaruh masakan Tionghoa.

Preferensi pada daging kambing dan daging sapi menunjukkan nilai Islam yang mengharuskan memakan memakan makanan yang halal.

Mie Aceh
Mie Aceh. INT

Sedangkan preferensi pada seafood pada menunjukkan letak geografis Aceh yang dikelilingi perairan seperti Selat Malaka, Laut Andaman dan Samudra Hindia, juga cara hidup mayoritas penduduk Aceh sebagai pedagang, petani dan nelayan.

Baca Juga :  Yuk Cicipi Sepat, Kuliner Unik Sumbawa yang Semua Bumbunya Dibakar

Saat ini, tempat makan mi aceh dapat ditemukan di sebagian besar kota-kota di Indonesia, dan juga negara tetangga seperti Malaysia dan Australia.

Cara Penyajian Mie Aceh

Hal ini membuat mie aceh semakin banyak digemari oleh para masyarakat. Rasanya yang spesial dan kuat membuat lidah siapapun akan ketagihan menyantap mie ini.

Mungkin anda penasaran bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan kudapan ini, bahan bahan yang digunakan antara lain yaitu daging kambing, mie kuning yang sudah diseduh, empat siung bawang putih iris, tiga siung bawang merah, tomat, air, kaldu saling, toge, kol, kecap manis garam minyak gula pasir daun bawang dan daun salam. Anda bisa menikmati makanan ini dengan kering dan basah sesuai selera yang anda inginkan.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -