Loma, Kuliner Teristimewa Pulau Adonara

Orang Adonara pasti tau tentang jenis makanan ini. Makanan yang dimasak dengan cara "loma" sangat familiar karena rasanya khas dan nikmat.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Loma adalah makanan yang dimasak dalam bambu dengan cara dibakar. Biasanya makanan yang dimasak dengan cara “loma” adalah daging ayam kampung. Cara membuatnya pun mudah.

Setelah daging ayam dipotong-potong, lalu dicampur dengan kelapa yang telah di kukur. Ada juga bumbu-bumbu penyedap rasa seperti bawang merah, sereh, daun kemangi dan daun jeruk purut.

Setelah semuanya tercampur lalu dimasukan ke dalam bambu muda yang telah dipotong setiap ruasnya. Membakarnya pun tidak menggunakan sembarang kayu. Biasanya orang Adonara membuat api menggunakan sabut kelapa (kulit luar buah kelapa). Bambu berisi daging ayam itu dijejerkan diatas perapian sabut kelapa.

Menikmati masakan “loma” ini paling nikmat kalau makan di kebun atau alam terbuka. Sensasi kenikmatannya luar biasa. Serius. Gaya makan orang Adonara juga terbilang unik. Daging yang telah diloma tadi, lalu dihamburkan diatas daun pisang. Peserta makan lalu duduk berjejer mengeliling daun pisang yang telah dihamburkan daging loma tadi.

Tidak ada piring maupun sendok. Semuanya mengambil makanan langsung dengan tangannya. Nikmatnya alami. Masakan teristimewa bagi masyarakat Suku Lamaholot Pulau Adonara ini biasanya, dihidangkan untuk acara-acara seperti pertemuan keluarga/teman, selamatan dan juga piknik.

Nah, suasana seperti inilah yang membuat siapapun yang perna berkunjung ke Adonara ingin kembali lagi.

Baca Juga :  Dali ni Horbo, Keju Khas Batak yang Menyehatkan

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -