Nasi Kropokhan, Makanan Kesukaan Raja Demak yang Mulai Dilupakan

Nasi Kropokhan merupakan makanan kesukaan Raja Demak. Makanan ini merupakan olahan dari daging kerbau dan labu putih.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Kabupaten Demak memiliki banyak kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Salah satunya yaitu nasi kropokhan yang terkenal dengan rasanya yang khas. Wajib dimasukkan ke dalam list makanan yang perlu dicoba.

Pada masa jayanya, Demak merupakan kerajaan yang besar. Raja-rajanya terkenal pemberani. Di era ini penyebaran Islam di tanah Jawa dilakukan secara gencar oleh para Wali Songo di wilayah yang menjadi bagian dari kerajaan ini.

Di balik besarnya nama Kerajaan Demak, ternyata para rajanya punya makanan favorit. Makanan itu bernama nasi kropokhan. Kini kuliner itu mulai langka dan sulit ditemui bahkan di daerah asalnya.

Nasi kropokhan terbuat ari daging kerbau yang dipadukan dengan labu putih.

Kuahnya sendiri diolah dari berbagai macam rempah dengan khasiat menghagatkan. Satu hal yang unik dari sajian ini yaitu daun kedondong yang dipercaya dapat meluruhkan kolesterol yang ada di dalam daging.

Salah satu ikon kuliner di Kabupaten Demak adalah menggunakan daging kerbau. Hal ini tidak lepas dari pengaruh Sunan Kudus dan anggota Wali Sanga lainnya saat menyebarkan syariat Islam dengan metode seni dan budaya.

Saat itu, budaya Hindu masih melekat di kalangan orang Jawa dan mengonsumsi sapi adalah salah satu pantangannya. Untuk menghormati budaya yang ada, Sunan Kudus mengajarkan untuk menggunakan daging kerbau sebagai konsumsi dan ritual ibadah kurban.

Nah, selain disukai oleh raja-raja Demak, nasi kropokhan juga sering disajikan untuk acara-acara kerajaan. Menikmati sensasi makanan Raja Demak itu, akan terasa sempurna apabila ditemani dengan wedang pekak.

Minuman rempah berwarna merah itu terbuat dari bahan kayu secang, jahe bakar serai dan pekak. Minuman yang dipercaya dapat meningkatkan vitalitas kaum laki-laki itu, akan terasa pas apabila disajikan hangat dan ditambah dengan gula batu.

Baca Juga :  Loma, Kuliner Teristimewa Pulau Adonara

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -