Asal Usul Pisang Ijo, Kuliner Khas Makassar yang Buat Hati Senang

Es pisang ijo juga memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang memang terlihat sangat menarik. Terlebih lagi, kudapan ini disajikan dengan sirup berwarna merah menggoda.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Dibalik rasa lezatnya itu, asal usul es pisang ijo ternyata berasal dari sebuah cerita rakyat yang melegenda.

Alkisah, di Pulau Sulawesi hiduplah seorang raja yang dikenal kejam dan tanpa belas kasih. Tidak ada satu pun warga yang berani melawan perintahnya.

Pada suatu hari, salah satu juru masak kerajaan bernama Ijo, melakukan sebuah kesalahan fatal. Ia menyajikan suguhan makanan yang tidak dapat diterima oleh lidah sang raja.

Sang raja pun naik pitam. Ia mengancam akan menghukum mati juru masak tersebut di depan rakyatnya. Tidak kehabisan akal, juru masak itu segera mengajukan sebuah penawaran menarik kepada sang raja.

Mengetahui sang raja sangat menyukai pisang, Ijo menawarkan untuk membuat sebuah resep olahan pisang terlezat kepada sang rata. Tawarannya pun diterima. Ijo lalu membuat kudapan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian disajikan bersama kuah fla yang kental dan gurih.

Tak disangka, sang raja sangat menyukai olahan pisang ijo olahannya itu. Ijo pun selamat dari hukumannya, dan sebagai penghormatan menu itu diberi nama Pisang Ijo oleh sang raja.

Eits, jangan percaya dulu. Cerita di atas hanya hasil karangan seorang penulis asal Makassar saja. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti asal usul es pisang ijo yang sangat menggugah selera itu.

Namun, berdasarkan beberapa sumber yang Dimensi Indonesia rangkum, bagi orang Bugis-Makassar hijau adalah sebuah lambang keanggunan, dan merupakan warna sakral. Sedangkan dari sisi psikologi, warna hijau memberikan rasa nyaman dan damai.

Es pisang ijo juga memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang memang terlihat sangat menarik. Terlebih lagi, kudapan ini disajikan dengan sirup berwarna merah menggoda.

Baca Juga :  Loma, Kuliner Teristimewa Pulau Adonara

Asal Mula Es Pisang Ijo Menurut Sejarawan

Asal Usul Pisang Ijo
Pisang Ijo. FOTO: Int
- Advertisement -

Meski enggak bisa dipastikan sejak kapan kudapan ini mulai banyak dikonsumsi masyarakat Makassar, bahan-bahannya disebut sudah digunakan sejak lama.

Dalam buku Pisang: Budi Daya, Pengolahan, dan Prospek Pasar, karya Suyanti Satuhu dan Ahmad Supriyadi, pisang sudah digunakan sejak manusia ada.

Namun, budidayanya baru dimulai ketika manusia mulai mengenal budaya bertani dan menetap. Pisang berasal dari kawasan Asia Tenggara, dan beberapa daerah di Indonesia khususnya di Pulau Jawa merupakan penghasil pisang terbesar di negara ini.

Sedangkan untuk wilayah luar Jawa, Sulawesi Selatan adalah daerah yang paling banyak memproduksi pisang. Sedangkan, es baru masuk ke kawasan nusantara pada akhir abad-19 di Batavia. Awalnya es digunakan sebagai pelengkap sajian jamuan untuk orang-orang Belanda.

Es dulunya menjadi lambang kemapanan untuk keluarga-keluarga yang hidup di Batavia, karena es harus didatangkan dari luar negeri dengan harga yang sangat mahal.

Namun, sejak orang-orang Eropa membangun pabrik pembuatan es di beberapa lokasi di Pulau Jawa, keberadaan es sudah menjadi bagian yang enggak bisa dilepaskan dari kehidupan tropis masyarakat nusantara.

Es Mulai Masuk Ke Makassar

Asal Usul Pisang Ijo
Asal Usul Pisang Ijo

Pabrik es di wilayah Hindia Belanda makin masif setelah orang-orang Tionghoa mulai mendirikan pabriknya sendiri.

Dari sinilah penyebaran es bisa sampai ke Makassar yang ketika itu sudah memiliki jaringan dagang dengan Jawa sejak abad-17. Hingga dua abad setelahnya jaringan perdagangan makin intensif setelah pelabuhan Makassar ditetapkan sebagai pelabuhan bebas oleh pemerintah kolonial Belanda.

Setelah es batu masuk ke wilayah Makassar, pisang mulai diolah dengan cara berbeda yaitu dibuat menjadi kreasi es pisang ijo. Namun, awalnya kudapan ini enggak senikmat yang dikenal saat ini. Hal itu karena dulunya kudapan ini enggak langsung menggunakan pemanis seperti sirup atau susu kental manis.

Baca Juga :  Loma, Kuliner Teristimewa Pulau Adonara

Nah, itulah uraian tentang sejarah kudapan es pisang ijo khas Makassar yang banyak digemari orang.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -