Kopi Rarobang, Kopi Berkhasiat khas Maluku yang Wajib Kamu Coba

Rempah-rempah yang dipakai dalam membuat kopi rarobang juga bisa mengembalikan stamina tubuh, tak heran jika kopi ini sering dinikmati oleh para pekerja.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Kopi rarobang adalah minuman khas Maluku yang nikmat dan aman. Mengapa aman? Karena kopi yang satu ini tidak mengandung alkohol seperti sopi yang memang merupakan minuman keras.

Kopi rarobang adalah minuman yang sangat istimewa. Tak hanya kopi hitam biasa, minuman ini diracik dengan rempah-rempah pilihan. Dalam membuat kopi rarobang, masyarakat Maluku akan- menambahkan jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, serai, dan kacang kenari.

Cara membuat kopi rarobang adalah merebus kopi arabica yang sudah dihaluskan bersama-sama dengan rempah-rempah tersebut (kecuali kacang kenari). Setelah mendidih, matikan api dan saring ampas kopi. Kopi yang sudah disaring ini nantinya akan ditambahkan kacang kenari yang sudah ditumbuk.

Bila kamu menyukai susu, kopi rarobang ini juga nikmat jika ditambah dengan susu kental manis, lho. Meskipun tampilannya agak mirip Kopi rarobang lebih terasa racikan rempah-rempahnya. Semua cita rasa rempah yang digunakan akan berpadu menjadi satu dalam mulutmu.

Rempah-rempah yang dipakai dalam membuat kopi ini juga bisa mengembalikan stamina tubuh. Tak heran jika kopi ini sering dinikmati oleh para pekerja di Maluku setelah mereka bekerja seharian.

Ingin menikmati kopi rarobang? Carilah warung makan yang turut menjual kopi ini. Sama seperti kopi sibu-sibu, kamu juga bisa menikmati kopi ini sambil menikmati pisang rebus atau cemilan khas Maluku lainnya.

Minuman-minuman khas Maluku ini bisa kamu temukan saat berkunjung ke Maluku. Namun, tetap waspada dalam memilih minuman, ya. Sebisa mungkin hindari minuman yang dianggap ilegal agar kamu tidak terjerat masalah yang merugikan dirimu sendiri.

Manfaat kesehatan

Jika dilihat dari kacamata medis, ramuan tersebut memang memilki manfaat untuk kesehatan. Misalnya jahe, jenis makanan akar ini mengandung nutrisi yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga :  Sejarah Kuliner Nusantara, Memanjakan Lidah Berabad Lamanya

Sedangkan kayu manis mengandung potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi, sehingga ampuh untuk menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan fungsi otak.

Dan yang tak kalah penting adalah daun serai. Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, serai juga mengandung  vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Sementara itu, kopinya sendiri bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, mencegah kanker, hingga mencegah depresi. Agar benar-benar memberikan manfaat, ada baiknya tidak diminum secara berlebihan.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -