Berpetualang di Hutan Mangrove Lantebung, Wisata Alam Tepi Kota Makassar

Mau merasakan serunya berpetualang di hutan sambil menikmati segaranya angin pantai? Yuk, ke kawasan  Ekowisata Mangrove Lantebung, Makassar. Disini ada dermaga pelangi yang instagenic, lho.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Letak Ekowisata Hutan Mangrove Lantebung ada di kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Tepatnya di sudut utara Kota Makassar. Jika ingin menikmati keindahaannya, kita harus menyusuri dermaga pelangi sejauh 100 meter dengan berjalan kaki. Namun, harus tetap hati-hati, dermaga ini tak sepenuhnya punya pengaman di sisi kiri dan kanannya. Dermaganya juga sempit, jadi bila tak  awas, kamu bisa tercebur ke laut.

Nah, sejak tahun 2016, Lantumbung dibuka menjadi daerah tujuan wisata. Ia menawarkan pemandangan laut yang indah dan hutan bakau yang rimbun dan asri.

Kicau burung liar, ditambah kecipak air saat ada ikan bergerak ke permukaan menjadikan suasana alam kian indah. Di tengah trek, terdapat gazebo yang muat untuk beberapa orang.

Kawasan ini juga jadi kawasan mitigasa bencana. Cocok untuk kamu yang ingin belajar sampbi berwisata
Kawasan ini juga jadi kawasan mitigasa bencana. Cocok untuk kamu yang ingin belajar sampbi berwisata.

Pohon bakau yang asri dan rimbun ini tumbuh subur mengapit dermaga, memompa hawa segar. Suasana makin segara dengan hembusan angin laut yang membawa ketenangan. Sangat cocok untuk menenangkan diri. Banyak juga orang yang berkunjung untuk mengambil gambar dengan latar belakang dermaga pelangi. Asyik pokoknya!

Sayangnya jalur dermaga belum begitu panjang sehingga pengunjung tidak dapat melihat luasanya hutan mangrove. Namun, tenang saja, bila beruntung kita bisa menyewa kapal nelayan untuk menyaksikan hutan mangrove dari tengah laut.

Oiyah, disempanjang dermaga terdapat dua tempat peristirahatan. Kamu bisa memakan bekal kamu disitu. Berkumpul atau bercengkraman dengan sahabatmu sambil melihat keindahan Hutan Mangrove Lantebung.

Mitigasi Bencana

Kini, ada ratusan ribu mangrove telah ditaman disepanjang pantai ini. Nah, mangrove atau bakau adalah tanaman yang dapat melindungi pantai dari abrasi dan tsunami. Ia juga sebagai tepat ikan berkembang biak, rumah bagi aneka hewan bercangkang dan ratusan satwa laut lainnya.

Baca Juga :  Pantai Ponnari, Pantai Kecil Penghangat Hubungan
Gazebo ini jadi tempat pavorit menikmati indahnya hutan mangrove
Gazebo ini jadi tempat pavorit menikmati indahnya hutan mangrove

Para nelayan sangat tertolong lho dengan kehadiran hutan ini. Mereka kini tak susah lagi menangkap ikan. Mereka juga tak perlu jauh menelurusi laut. Rumah mereka pun aman dari abrasi pantai. Udaranya pun makin segar. Pokoknya, hutan bakau punya ribuan manfaat bagi kita.

Bakau adalah tanaman yang mudah tumbuh, namun juga mudah mati. Penanamannya pun mudah. Tangkainya hanya perlu dibenamkan dipenggiran pantai berlumpur. Dan pohon bakau yang asri dan rimbun siap memberikan seribu manfaat bagi kita.

Karena manfaatnya yang begitu banyak, hutan mangrove dijadikan tempat edukasi dan mitigasi bencana. Ekowisata yang dikelola Siaga Bencana Berbasis Masyarakat  setempat cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -