Air Terjun Pung Bunga, Berenang Sambil Berkemah

Keindahan arus air yang mengalir diantara bebatuan, tebing tinggi, maupun tumbuhan hijau yang menyegarkan adalah paket komplit yang siap disuguhkan Pung Bunga.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Tak jauh dari Kota Makassar, terdapat sebuah air terjun yang menawarkan tiga keindahan sekaligus. Keindahan aliran air, hijaunya pengunungan dan spot kemping yang nyaman.

Yup, Air terjun Pung Bunga mengalir di Dusun Baru, Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Maros. Kira-kira 40 km dari Kota Makassar atau 35 km dari pusat Kota Maros. Bilang menggunakan kendaraan bermotor, cukup ditempu sekitar 1 jam perjalanan dengan jalur menanjak.

Lalu seberapa indah sih air terjun yang konon punya nilai mistis itu? Nama Pung Bunga sendiri diambil dari nama seorang gadis yang meninggal di air terjun yang bernama Puang Bunga.

- Advertisement -
 Air Terjun Pung Bunga
Kamu juga bisa barbeque disini. IMG: DIMENSIA

Saat berkunjung kali pertama, kamu harus siap menuruni lereng sejauh 300 meter dari jalan utama menyusuri jalan setapak dibawah pepohonan rimbun. Kecantikan Pung Bunga memang tersebunyi dibawah lereng terjal itu.

Sebuah papan informasi akan menyambut. Papan itu berisi sejarah air terjun dan berbagai kecelakanaan yang perna terjadi di area wisata.

Salah satu keunikan dari si cantik ini adalah air terjunnya yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan tersusun dua tingkat dengan dasar sebuah kolam alami yang memiliki kedalaman sekitar 15-30 meter membentuk cekung seperti mangkuk.

- Advertisement -
Air Terjun Pung Bunga
Akhir pekan atau hari-hari libur biasanya akan ramai.

Aliran Air yang mengalir dari kaki gunung memberikan sensasi segar yang alami. Aliran air yang mengular lalu membentuk kolam-kolam alami disepanjang aliran sungai yang tidak terlalu dalam. Kolam-kolam inilah yang dimanfaatkan anak-anak untuk bermain air. Bebatuan yang tersebar juga tak ditumbuhi lumat sehingga sangat aman. Kontur tebing disisi air terjun yang tegak lurus membuat kamu yang punya keberanian extra dapat melompat.

Salah satu keunikan Pung Bunga yang mungkin membuat Air terjun lainnya iri, adanya area kemping yang sangat luas. Warga desa mungkin memoles wisata air ini senyaman mungin. Tempat yang biasanya digunakan pengujung yang ingin berkemah terlihat seperti bukan terbentuk alami.

Baca Juga :  Pulau Mules, Si Cantik dari Manggarai

Setidaknya ada tiga area mendirikan tenda yang bisa dipilih. Area paling luas berada paling atas dengan pemandangan langsung ke air terjun. Tempat ini sangat aman ketika aliran air tiba-tiba melupa.

- Advertisement -
Air Terjun Pung Bunga
Buat kamu yang tidak tahu berenang, bisa memilih kolam-kolam kecil yang ada di aliran air untuk bermain air. IM: DIMENSIA

Area kedua tak begitu luas, namun cukup dekat dengan aliran air. Dari area ini, pemilik tenda masih bisa melihat kecantikan air terjun. Dan yang terakhir yang paling banyak dipilih pengujung namun sangat tidak disarankan ketika musim hujan kerena sangat dekat dengan aliran air dan banyak ditumbuhi pepohonan tedu.

Di area ini kamu bisa langsung menyentu air, bermain ayunan, atau bermain air tanpa harus jauh dari tenda.

Lokasi
 Dusun Baru, Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Maros.
Maps
Gratis

 

- Advertisement -