Air Terjun Sipiso-Piso, Salah Satu yang Tertinggi di Indonesia

Menariknya, air terjun Sipiso-piso tercatat dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia, dengan menempati urutan ke-6.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Air Terjun Sipiso-Piso  merupakan salah satu objek wisata andalan Propinsi Sumatera Utara. Dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun ini berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut (mdpl). Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Menariknya, air terjunini tercatat dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia, dengan menempati urutan ke-6 setelah air terjun Batang Kapas di Riau.

Sipiso-Piso menjadi salah-satu tempat terbaik menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Bahkan, saat ini di kawasan tersebut sudah banyak penataan untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Pesona keindahannya bukan hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja. Tidak jarang banyak wisatawan asing yang berkunjung.

Salah-satu potensi kawasan tempat berada Air Terjun adalah sektor pertanian, dan perkebunan. Ternyata potensi Air Terjun ini menjadi nilai tambah bagi masyarakat setempat, khususnya sektor ekonomi pariwisata.

Selain itu, air dari Air Terjun  menjadi sangat penting bagi  keberlangsungan sektor pertanian, dan perkebunan warga. Objek wisata ini menjadi wisata Karo yang recommended untuk dikunjungi saat liburan tiba, bahkan bisa menjadi destinasi wisata keluarga loh.

Sejarah Air Terjun Sepiso-Piso 

Karena lokasi Air terjun berada di daerah yang masih satu kawasan dengan Danau Toba, maka sejarah Air Terjun pun terkait erat dengan proses alam yang terjadi di masa lampau.

Sejarah terbentuknya Air Terjun Sipiso-Piso akibat runtuhnya dinding kaldera, yang kemudian memotong jalur aliran sungai. Begitupun dengan Danau Toba, sangat erat kaitannya dengan kaldera.

Dan sejarah penamaan  Sipiso-Piso, menurut salah-satu versi dikarenakan bentuk air yang turun menyerupai pisau. Dan versi lain mengatakan bahwa sejarah penamaan ini  terkait erat dengan nama Gunung Sipiso-Piso yang letaknya tidak jauh dari Air Terjun.

Baca Juga :  Mulut Seribu, Raja Ampatnya Pulau Rote
- Advertisement -

Terdapat juga sisi lain dari pesona keindahan Air Terjun, yaitu berupa cerita misteri, atau legenda yang berkembang dari mulut ke mulut, dari masa ke masa, terkait sosok Sipiso-piso.

Panorama Alam 

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Sipiso-Piso, Kabupaten Karo adalah panorama alamnya. View yang tampak di atas air terjun berupa hamparan area sawah, dan perkebunan milik warga.

Di sisi lain, terlihat indah juga panorama gunung, dan bukit-bukit, termasuk Gunung Sipiso-piso. Dan yang paling penting adalah sajian panorama Danau Toba yang bisa disaksikan di landmark Air Terjun Sipiso-Piso.

Di objek wisata Air ini juga terdapat beberapa spot selfie. Spot selfie yang populer bagi pengunjung adalah gardu pandangnya dengan latar Danau Toba.

Rute Air Terjun Sipiso-Piso 

Jalan menuju Air Terjun  sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Selanjutnya untuk mencapai lokasi utama, para pengunjung harus berjalan kaki menyusuri anak tangga yang sudah disediakan pihak pengelola.

Air Terjun Sipiso-Piso
Air Terjun Sipiso-Piso. INT

Jalan menuju Air Terjun setelah dari loket tiket akan melewati kawasan objek wisata Danau Toba. Kendaraan juga akan melewati deretan penginapan, dan rumah makan.

Kondisi jalan menuju objek wisata  sudah bagus. Hanya saja, bagi yang belum pernah disarankan untuk berhati-hati dalam memacu kendaraan, karena kondisi jalanannya berkelok-kelok.

Jarak dari Medan ke Air Terjun Sipiso-Piso lumayan jauh, sekitar 117 kilometer, dengan waktu tempuh 4 jam perjalanan. Adapun jarak dari Brastagi ke Air Terjun  hanya sekitar setengah jam perjalanan saja.

Setalah para pengunjung sampai di lokasi parkiran, maka untuk sampai di lokasi utama Air Terjun  harus dilanjutkan dengan cara trekking, atau berjalan kaki di alam terbuka.

Baca Juga :  Mulut Seribu, Raja Ampatnya Pulau Rote

Jalurnya sudah disediakan, serta sudah berbentuk anak tangga. Kurang lebih terdapat sekitar 1000 anak tangga untu sampai di lokasi utamanya. Saat trekking menuju Air Terjun  mungkin saja tidak terlalu melelahkan. Kondisi lelah akan terasa saat pulang dari lokasi utama, karena akan terus menanjak.

Kunjungan terbaik ke Air Terjun tidak di saat puncak musim penghujan, karena jalanannya bisa dalam kondisi licin, serta debit air yang turun dari Air Terjun Sipiso-Piso sangat deras.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -