Air Terjun Murusobe, Si Kembar yang Memesona

Sepanjang perjalanan menuju air terjun kita disambut dengan nyanyian burung dan suara gemuruh air. Pohon-pohon besar tampak berjejer rapi di sekitar, menambah kesan tersendiri ketika melewatinya.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Air Terjun Murusobe adalah air terjun kembar dengan dua terjunan air yang bersebelahan. Ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter.

Dalam bahasa setempat (bahasa Lio) Muru berarti terjun dan sobe berarti lurus seperti balok bambu. Air terjun ini berada di Desa Poma, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk bisa sampai ke sana pengunjung harus menempuh perjalanan darat sekitar dua jam dari kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, naik kendaraan roda dua.

Akses menuju Murusobe bisa melalui dua jalur alternatif, pertama ke arah utara melewati Wolofeo, Desa Ringgarasi, Kecamatan Tanawawo. Kedua ke arah selatan melewati Feondari, Desa Liakutu, Kecamatan Mego. Namun pengunjung biasanya memilih Wolofeo karena aksesnya sedikit bagus. Jarak tempuhnya juga lebih dekat.

Meski demikian, akses di jalur utara ini cukup menantang. Sebab, jalanannya yang licin dan sedikit tanjakan. Karena itu, dibutuhkan kehati-hatian selama berkendara.

Sesampainya di Desa Poma pengunjung akan berjalan kaki sekitar 100 meter, melewati jalan rabat. Selanjutnya akan melintasi jembatan bambu sepanjang 10 meter.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun kita disambut dengan nyanyian burung dan suara gemuruh air. Pohon-pohon besar tampak berjejer rapi di sekitar, menambah kesan tersendiri ketika melewatinya.

Di bawah Murusobe terdapat sebuah batu besar dan kayu tumbang yang biasanya dimanfaatkan pengunjung sebagai spot foto terbaik. Aliran air di sini sangat deras dan jernih. Rumput-rumput hijau di lingkungan sekitar semakin menambah pesona keindahan air terjun ini.

Meski belum memiliki sarana jalan yang mendukung, perjalanan panjang untuk mencapai obyek tersebut bisa saja menjadi tantangan para petualang backpacker. Bahkan kisah di pedalaman akan tersulap jadi pengelaman tak terlupakan.

Baca Juga :  Lio dan Nela, Kisah Asmara di Danau Asmara / Waibelen

Ternyata bisa saja nilai ini yang ditawarkan. Sambil jalan-jalan cuci mata dengan pemandangan desa yang bagus, udara yang bersih, gerombolan warga kampung yang baik hati. So, air terjun Murusobe menjadi sekian dari obyek wisata Sikka yang patut Anda jelajahi.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -