Pergi ke Pulau Badi, Pulau yang Dianugrahi Terumbu Karang Indah dan Air Laut Jernih

Cobalah datangi Pulau Badi  dan rasakan sendiri keindahan alamnya.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Pulau Badi adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Spermonde dan secara administratif masuk kawasan Pangkajene dan Kepulauan.

Pulau seluas 98.912,3394209 m2 itu dianugrahi terumbu karang yang indah dan air laut yang jernih. Walau Secara administratif, Pulau badi masuk wilaya kabupaten Pangkep, namun kamu tak harus pergi ke pangkep jika ingin berlayar ke pulau berbentuk opal itu.

Pulau ini bisa dikunjungi lewat pelabuhan paotere. Biasanya kapal yang menuju ke pulau itu akan terparkir  sekitaran pukul 09.00 pagi di dermaga lima. 

- Iklan -
Pulau Badi
Pulau Badi di foto dari atas.

Dermaga lima letaknya tak jauh dari pinta masuk pelabuhan, kira-kira 20-50 meter. Carilah kapal reguler yang bertuliskan pulau badi. 

Kapal ini biasanya akan berlayar ketika penumpangnya dinilai cukup. Nah, tiap hari akan ada sekitar 4 kapal regulernya yang menuju pulau. Untuk biaya transportasi kamu hanya membayar Rp. 20.000 per sekali jalan.

Cara kedua kamu bisa menggunakan speedboat dari Pantai Losari Makassar yang hanya membutuhkan waktu tempuh 30 menit. Tentu biayanya jauh lebih mahal.

- Iklan -

Saat memasuki pulau tersebut, kamu akan  melihat beberapa speedboat yang telah membawa sejumlah penyelam. Jika beruntung, kamu akan menemukan beberapa orang yang tengah melakukan kontrol pertumbuhan karang.

Keindahan terumbu karang pulang ini akibat orang-orang baik itu. Mereka mengontrol pertumbuhan karang. Sistem rehabilitasi terumbu karang ini diakui terbesar yang pernah ada di dunia yang dibangun oleh masyarakat Pulau Badi dengan dukungan Mars Symbioscience (Mars). 

Pulau Badi
Dermaga Pulau Badi. IST

Tim Marine Sustainability dari Mars Symbioscience telah mengembangkan sistem mata pencaharian alternatif  untuk membantu masyarakat pulau. Kemudian mengembalikan terumbu karang, dan membangun satu model bisnis baru dari ikan hias air laut di pasar internasional sejak 2007 lalu.

- Iklan -
Baca Juga :  12 Tempat Wisata di Pangkep: Lokasi dan Harga Tiket

Setiba di pulau kamu bisa beristirahat sejenak di rumah warga, mengenalkan diri atau mencari teman baru. Warga pulau badi terkenal dengan keramahannya. 

Ada sekitar 300 kepala keluarga yang menghuni pulau kecil itu dan membuat rumah penduduk sangat berdempetan. Terdapat pula masjid di tengah tengah pulau. Karena berada ditengah laut, Aliran listrik disini hanya tersedia pada jam 6 sore sampai jam 6 pagi. 

Sempatkan waktu berkeliling pulau, berjalan kaki di sepanjang pesisir pantai sambil menikmati suasananya yang begitu indah atau  mencicipi beberapa jajanan, menyaksikan anak-anak penduduk asli bermain, menyantan kuliner laut sambil mencari spot-spot foto untuk mengabadikan momen tersebut. 

Yang tak boleh kamu lewatkan adalah menunggu senja di dermaga sambil memberi makan ikan kecil di laut dan berenang.

Buatmu yang ingin bermalam, kamu bisa memilih dua opsi menginap. Pertama, kamu bisa ngecamp di pantai pasir putih sebelah timur pulau dengan catatan kamu harus membawa peralatan kemping sendiri.

Pilihan kedua, menginap di rumah di rumah penduduk. Caranya tanyakan ke kapten kapal atau meminta izin untuk menginap di rumahnya. Hampir semua kapten kapal menerima tamu wisatawan.

Pulau Badi
Jika beruntung kamu dapat melihat penyu di sekitar Pulau Badi

Kamu lebih disarankan menginap di rumah warga karena tidak pusing lagi harus masak, prepare tenda belum lagi apabila cuaca buruk.

Pulau Badi menjadi salah satu pulau yang Keramahan penduduk dan panorama laut yang cantik. Puas menikmati keindahannya di darat, kamu bisa langsung menyelami alam bawah lautnya.

Tak ada yang menyangka kalau hamparan terumbu karang di sekitar pulau ini pernah dinyatakan rusak berat akibat ulah manusia. Butuh waktu lama untuk mengembalikan eksosistem bawah laut di wilayah tersebut, dan barulah pada 2011 silam kondisi terumbu karang di sana mulai membaik.

Baca Juga :  Pulau Camba-Cambang, Instana Bermain di Tengah Lautan

Jangan lewatkan mengunjungi para nelayan yang membudidayakan kuda laut hias. Hewan ini biasanya dijual sebagai hiasan atau bahan obat kuat pria. cocok untuk oleh-oleh.

 

- Iklan -

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

BAGIKAN