Masyarakat Tamil dan Kebudayaannya di Medan

Berdasarkan kajian-kajian historis, orang Tamil merupakan rumpun bangsa Dravida. Disebutkan bahwa bangsa Dravida mendiami negeri India kira-kira 100 tahun SM.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Suku tamil Medan. Berdasarkan kajian-kajian historis, orang Tamil merupakan rumpun bangsa Dravida. Disebutkan bahwa bangsa Dravida mendiami negeri India kira-kira 100 tahun SM. Kulit mereka berwarna gelap (hitam). Kemudian kurang lebih 3.500 tahun yang lampau negeri itu kedatangan bangsa dari Persia yang disebut bangsa Aria.

Kedatangan mereka diperkirakan melalui Barat Laut India, yaitu melalui Selat Khaibar. Bangsa Aria ini berkulit putih dan berbahasa Sanskerta. Kemudian bangsa Aria menyerang bangsa Dravida dan berhasil menaklukkan bangsa Dravida sehingga akhirnya bangsa Dravida terdesak ke sebelah selatan India.

Dari adanya ras berkulit putih yaitu Aria dan berkulit hitam Dravida, maka penduduk India sampai sekarang ini adalah hasil percampuran keduanya. Warna kulit ini selanjutnya dijadikan dasar penggolongan masyarakat yang disebut kasta.

Semakin terang warna kulitnya maka semakin tinggi kastanya, demikian pula sebaliknya. Mengapa rumpun bangsa Dravida dan satu lagi Wedda (di Pulau Sailan) berkulit hitam, masih menjadi misteri bagi para ilmuwan antropologi fisik (ragawi) dan terus dipelajari asal-usulnya.

Pada masa sekarang terdapat empat nagara bahagian di India Selatan yang penduduknya mayoritas termasuk ke dalam rumpun bangsa Dravida. Keempat negara bagian itu masing-masing memiliki kebudayaan yang khas, termasuk bahasa dan aksara. Namun agama mereka umumnya Hindu.

Keempat negara bagian itu adalah: (1) Tamil Nadu, bahasa yang digunakan adalah bahasa Tamil; (2) Andhra Pradesh, bahasa yang dipakai adalah bahasa Telugu; (3) Karnataka, bahasa yang dipakai adalah bahasa Kannada atauKanaresse; dan (4) Kerala, bahasa yang dipakai adalah bahasa Malayalam.

Kedatangan Orang Tamil ke Sumatera Bagian Utara

Ada beberapa tulisan mengenai gelombang sejarah kedatangan orang Tamil ke Deli Serdang. Tulisan mengenai kedatangan tersebut dimulai oleh datangnya bangsa India ke Deli Serdang sebenarnya sudah terjadi.

Baca Juga :  Museum Bikon Blewut, Harapan Literasi Dunia

Menurut sejarah, ekspansi Raja Iskandar Zulkarnain dari Masedonia ke India pada tahun 334-326 SM mengakibatkan bangsa India cerai-berai dan banyak yang melarikan diri karena ketakutan.

Penduduk di daerah sungai Indus lari ke bagian selatan India, dan banyak yang terus lari ke Nikobar, Andaman, dan pulau Sumatera. Pada dasarnya keterangan tersebut tidak menjelaskan mengenai bangsa India beretnik Tamil.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -