Danau Kakaban, Danau Purba 2 Juta Tahun Lalu

Air danau yang memiliki tingkat keasaman tinggi dapat membuat mata menjadi perih, untuk itu Anda diwajibkan menggunakan kacamata renang jika ingin menikmati keindahan biota danau ini.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Pulau Kakaban menjadi surga wisata di Kalimantan Timur. Anda bisa menyaksikan keindahan alam dari pulau ini, yakni habitat ubur-ubur, tepatnya di Danau Kakaban.

Danau Kakaban bahkan dijuluki danau purba. Danau ini terbentuk akibat pengangkatan atol atau terumbu karang cincin setinggi 40-60 meter yang terjadi pada 1-2 juta tahun lalu.

Air di danau ini merupakan perpaduan daro air laut, air hujan, dan air tanah. Ada begitu banyak pesona yang sanggup mengundang decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya.

Ada hewan yang juga tak bisa keluar dari danau tersebut yakni ubur-ubur. Karena berdiam diri terlalu lama, ubur-ubur tersebut beradaptasi dan bisa hidup di air payau.

Daya Tarik Denau Kakaban 

Perlu Anda ketahui, Pulau dan Danau eksotis ini masih sangat terjaga keasriannya. Sebab, letaknya yang jauh dari keramaian kota membuat wisata ini masih sangat murni.

Meski jauh dari peradaban hiruk pikuk kota, wisata alam yang satu ini dikunjungi banyak sekali wisatawan baik lokal hingga luar daerah. Bahkan, keeksotisannya sudah tersohor ke mancanegara.

Ketika mengunjungi Danau Kakaban, Anda akan menemui beberapa wisatawan mancanegara yang ingin memuaskan rasa penasaran mereka terhadap keindahan tersaji di danau ini.

Biasanya, mereka melakukan banyak kegiatan seperti berjemur, berenang, snorkeling, dan bermain pasir pantai putih yang masih sangat bersih.

- Advertisement -

Di bagian danau, Anda bisa merasakan paduan air yang membuat danau ini disebut dengan danau air payau. Ada satu lagi daya tarik yang banyak dicari oleh para wisatawan, yakni keberadaan biota laut berupa ubur-ubur yang tak menyengat. Diperkirakan, setidaknya ada ribuan populasi ubur-ubur yang tinggal di dalam Danau Kakaban sejak lama.

Baca Juga :  Mulut Seribu, Raja Ampatnya Pulau Rote

Menurut penelitian, populasi ubur-ubur di danau tersebut terperangkap jutaaan tahun lalu dan berevolusi menjadi makhluk yang bisa berfotosintetis. Jumlahnya pun kini kian banyak seiring dengan berjalannya waktu.

Ketika Anda memutuskan untuk berkunjung, jangan lupa untuk melakukan kegiatan diving yang ditemani oleh ubur-ubur yang tidak menyengat.

Danau Kakaban memiliki kondisi air yang tetap, artinya danau tersebut tidak mengalami pasang surut mengikuti air laut di sekitarnya. Kondisi demikian membuat populasi ubur-ubur semakin berkembang banyak. Sebagai informasi, spesies ubur-ubur ini hanya ada dua di dunia. Pertama terdapat di danau cantik ini, dan yang kedua terdapat di Kepulauan Micronesia.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -