Dali ni Horbo, Keju Khas Batak yang Menyehatkan

Makanan yang sering dijuluki sebagai Keju Batak ini adalah Dali ni Horbo, terbuat dari susu kerbau, Dali ni Horbo berasal dari Tapanuli.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Susu merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Bahkan, susu juga sering dijadikan sebagai bahan yang ditambahkan ke dalam berbagai masakan. Namun, tahukan Anda bahwa di Sumatera Utara ada makanan yang berasal dari olahan susu yang sangat terkenal. Dali ni Horbo.

Makanan yang sering dijuluki sebagai Keju Batak ini adalah Dali ni Horbo. Terbuat dari susu kerbau, Dali ni Horbo berasal dari Tapanuli. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat Batak, bahkan masih bisa banyak dijumpai hingga sekarang.

Dali ni horbo menjadi tradisi ratusan tahun lalu yang digunakan nenek moyang bangsa Batak. Hampir setiap hari warga sekitar menyantap sebagai hidangan utama, camilan maupun tambahan saja. Asal muasalnya asli dari daerah Sumatera Utara, sedangkan nama makanan disebut sebagai Arsik Bagot ni horbo.

Karena terbuat dari susu kerbau, kandungan bahan itupun tergolong sehat bagi tubuh manusia. Sebelum menjadi menu tradisional andalan warga sekitar, beragam rempah-rempah ditambahkan untuk menjadi arsik. Adapun contohnya, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabai merah dan tak lupa andaliman.

Tahapan memasak keju Batak harus dicampurkan seluruh rempah-rempah tersebut. Namun sebelumnya air susu kerbau harus diberikan perasan daun pepaya segar dan buah nanas matang. Inilah metode rahasia untuk menghilangkan rasa amis sekaligus mencegah pengentalan yang lebih cepat.

Setelah itu, campuran susu direbus selama 10 menit. Lanjutkan dengan membiarkannya dingin sampai mendapatkan tekstur padat, lembut seperti tahu. Karena sudah matang, Anda bisa menyantapnya secara langsung maupun dimasak pakai bumbu terdahulu. Aneka nutrisi terkadung dalam makanan ini seperti kalsium untuk pertumbuhan tulang.

Saat mengunjungi Sumatera Utara, mudah saja mendapatkan keju tradisional khas leluhur. Sekitar wisata Danau Toba, banyak warga setempat menawarkan jajanan ini dengan berbagai jenis. Arsik yaitu santapan utama tanpa nasi, camilan bahkan bentuk aslinya tanpa bumbu. Pasar tradisional juga mudah ditemukan dan harganya tergolong terjangkau.

Baca Juga :  Wedang Uwuh, Minuman Kegemaran Sang Raja yang Artinya "Teh Sampah"

Sepanjang kawasan tersebut, Anda pun bisa membelinya di Tarutung, Pulau Samosir, serta Parapat. Setiap rumah makan menyajikan Bagot ni horbo agar wisatawan punya pengalaman kuliner tak terlupakan. Kisaran harga dimulai dari 5000 hingga 15.000 tergantung jenis makanan.

Tidak perlu ragu untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Para produsen punya metode khusus agar keju Batak selalu awet, segar, tahan lama. Setelah sampai di rumah, segera masukkan kulkas demi menjaga kepadatan tekstur. Selain dijadikan camilan harian, Anda dapat menambahkan cokelat cair, campuran kue sesuai kreasi.

- Advertisement -

Keju susu sapi sudah terlalu mainstream, cobalah sesekali merasakan Dali ni horbo. Dipastikan Anda merasa ketagihan apalagi dimasak menggunakan rempah dan bumbu tradisional Batak. Daerah lain tidak menjualnya sehingga kita harus berwisata dahulu ke Danau Toba atau area Sumatera Utara.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -