7 Tempat Wisata Wajib di Sumba Timur: Akses, Lokasi dan Harga Tiket

Danau, pantai, gua, sawah, desa adat, hingga air terjun, semua hampir dimiliki oleh kekayaan Pulau Sumba.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Kamu perna ke pulau sumba, khususnya sumba timur? Sudah tahu Tempat Wisata Wajib di Sumba Timur saat kamu memutuskan berkunjung kesana? Nah, semua pasti setuju  Pulau Sumba dengan sejuta keindahannya wajib masuk list liburan teratas.

Keindahan alamnya berupa perbukitan eksotis, kudanya yang gagah, hamparan padang rumputnya yang cantik serta iklimnya yang panas.

Surga tersembunyi di tengah teriknya matahari dan keringnya udara di Sumba. Mulai dari danau, pantai, gua, sawah, desa adat, hingga air terjun, semua hampir dimiliki oleh kekayaan Pulau Sumba.

- Iklan -

Berikut Dimensi Indonesia sajikan 7 destinasi wisata terbaik di kecamatan sumba  timur yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Lapopu

Tempat Wisata Sumba Timur
Air Terjun Lapopu. FOTO milik @pasolatourstravel

Tempat wisata Wajib di Sumba Timur yang pertama adalah sebuah air terjun. Kamu perna nonton film Pendekar Tongkat Emas yang diperenkan Reza Rahadian dan Nikolas Saputra? Sir terjun ini jadi salah satu lokasi syuting film tersebut lho. Kamu akan terkagum-kagum akan pesona Air Terjun Lapopu dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna hijau kebiruan atau biru tosca itu.

Pengunjung juga dapat merasakan segarnya aliran air terjun dengan berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun tersebut.

- Iklan -

Air terjun ini merupakan jenis air terjun bertingkat (berundak-undak) yang jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 90 meter. Bilang sedang di Sumba Timur dan ingin melihat keindahannya, kamu dapat menuju Lapopu dapat dimulai dari Waikabubak/ Tambolaka dengan menyewa kendaraan dikarenakan belum terdapatnya kendaraan umum untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Berjarak kurang lebih 30 km dari Waikabubak, lokasinya masih sangat alami dengan akses jalanan yang belum diaspal hingga beberapa meter memasuki kawasan air terjun ini.
Bahkan rambu-rambu atau petunjuk jalan menuju kawasan ini pun nyaris tidak ada sama sekali, oleh karena itu disarankan untuk mengajak warga lokal Sumba yang mengerti jalan menuju ke air terjun ini.

Baca Juga :  Daging Se'i, Persembahan Para Dewa Suku-suku di Timor
Lokasi
 Manurara, Kec. Katikutana Sel., Kabupaten Sumba Tengah, NTT.
Maps

2. Melihat Danau Air Asin di Waikuri Lagoon

Tempat Wisata Sumba Timur
Waikuri Lagoon

Danau Waikuri adalah sebuah laguna yang terbentuk dari cekungan berdinding batu karang yang terisi air dari laut lepas. Pada saat pasang dan air laut terjebak ketika surut menjadi laguna sebening kaca yang memantulkan warna biru kehijau-hijauan.

- Iklan -

Warna air danau terbentuk dari level kedalaman danau. Pada bagian yang paling dangkal, pasir putih di dasar danau tampak jelas. Sedangkan di cekungan-cekungan dengan kedalaman bervariasi antara setengah meter hingga diperkirakan sekitar empat meter air bernuansa biru muda, hijau tosca hingga biru gelap, memantulkan awan-awan putih yang bercermin di atasnya.

Oiyah, kamu juga bisa menjelajahi keindahannya dari ketinggian. Hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat mengikuti bunyi deru ombak, pengunjung dapat menaiki bukit karang yang menjorok ke lautan lepas.

Jauh lebih indah jika menikmati panorama keindahan Danau Weekuri dari atas bukit karang ini. Lautan biru dengan ombaknya yang menghantam gugusan karang yang mengelilingi danau ini akan membuat pengunjung berdecak kagum. Danau Weekuri pun terlihat seperti kolam biru apabila dilihat dari ketinggian.

Lokasi
Desa, Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. 
Maps

3. Keindahan Bendungan Waikelo Sawah

Tempat Wisata Sumba Timur
Waikelo Sawah. INT

Selanjutnya Tempat Wisata Wajib di Sumba Timur yang tak bolah kamu lewatkan adalah sebuah bendungan tua. Dibangun pada tahun 1976, Waikelo Sawah dibangun dengan tujuan irigasi dan pembangkit listrik. Pembangkit listrik ini jadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba ketika itu.

Lokasinya yang berada di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk membuat Waikelo Sawah teduh dan menenangkan. Di sekitar kolam, kamu akan melihat beberapa penduduk lokal yang datang untuk mandi dan mencuci pakaian.

Baca Juga :  Pantai Batunggulung, Pantai Indah dengan Jejeran Pohon Kelapa yang Berbaris Rapi

Waikelo Sawah berbentuk gua alami selebar 4 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter. dimulut guonya terdapat sebuah kolam air.

Aliran air dari Waikelo Sawah katanya mampu mengairi persawahan di Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba.
Selain indah, objek wisata ini juga sangat bermanfaatya.

Lokasi
Waikelo Sawah, Tema Tana, Kec. Wewewa Tim., Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.
Maps
- Iklan -

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

BAGIKAN