Suku Mante, Manusia Kerdil Rumpun Melayu Proto yang Misterius

Suku Mante diperkirakan berasal dari salah satu bagian dari rumpun bangsa Melayu Proto, dan menetap di kawasan Aceh Besar.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Dari ribuan suku yang ada, Suku Mante menjadi satu dari sekian banyak suku yang menambah kekayaan budaya di Indonesia.

Suku Mante adalah sebuah suku yang berada di provinsi paling utara Indonesia, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Suku Mante di gadang-gadang sebagai etnik terawal pembentuk berbagai macam suku yang ada di Aceh saat ini. Namun sayangnya, informasi tentang suku tersebut masih sangat terbatas.

Mungkin masih segar diingatan tentang viralnya video di dunia maya yang menampilkan sesosok manusia kerdil di hutan Aceh. Terlihat, seorang manusia kerdil tanpa busana sedang membawa kayu dan berlari sangat cepat. Kuat dugaan bahwa orang tersebut merupakan salah satu bagian dari Suku Mante.

Akan tetapi hingga saat ini belum ada data scientific yang menjelaskan keberadaan dari suku tersebut. Nah, bagi Anda yang masih penasaran dengan suku satu ini, berikut akan dijelaskan mengenai sejarah hingga karakteristik yang dimiliki oleh suku tersebut.

Suku Mante diperkirakan berasal dari salah satu bagian dari rumpun bangsa Melayu Proto, dan menetap di kawasan Aceh Besar. Suku ini diyakini tinggal di dalam hutan pedalaman Aceh.

Melayu Proto juga dikenal dengan Melayu Tua, yaitu Melayu gelombang pertama dari dua gelombang migrasi. Migrasi ini diperkirakan terjadi di masa lalu di Nusantara.

Sehingga dari sana muncul bahasa Austronesia yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, seperti Toraja, Sasak, Batak, Nias, Gayo, dan sebagainya. Namun penjelasan ini adalah sebatas teori yang disampaikan oleh para arkeolog.

Suku mante. Ft : Internt

Kemungkinan migrasi suku-suku etnis ini adalah melalui Semenanjung Melayu menuju ke Aceh. Suku Mante juga merupakan salah satu cikal bakal dari Kawon Lhee Reutoih (suku tiga ratus) bersama dengan Suku Batak. Orang Mante kemungkinan sudah punah dikarenakan berbaur dengan suku lainnya yang tiba setelahnya.

Baca Juga :  Tradisi Cium Hidung, Keunikan Pulau Sabu Raijua Bentuk Persaudaraan yang Tulus

Selain dipercaya sebagai salah satu suku yang berasal dari Melayu Proto, ada juga dugaan bahwa Suku Mante merupakan salah satu suku yang berhubungan dengan bangsa Funisia di Babilonia atau Dravida, tepatnya di kawasan lembah sungai Gangga dan Indus. Akan tetapi, dugaan ini belum dapat dibuktikan dan belum ditetapkan kepastiannya oleh para ahli arkeologi.

Ciri Ciri Suku Mante

Mereka berkulit cokelat dan memiliki tubuh yang pendek, tingginya kurang lebih hanya 1 meter. Rambut mereka lurus, bahkan ada yang panjang hingga ke punggung. Suku mante sangat gesit dan lincah saat berlari.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -