Satwa Langka Penghuni Gunung  Amegelu

Gunung Amegelu, Kab. Nagekeo Nusa Tenggara Timur memiliki keunikan tersendiri. Gunung hutan yang lebat menjadi habitat beberapa burung endemik, termasuk Seriwang Asia (Terpsiphone Paradise) yang dianggap sebagai spesies langkah di dunia.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Burung ini hanya akan dijumpai di pegunungan Amegelu. Burung ini ditemukan Tim Dimensi Indonesia dalam Ekspedisi Gunung Amegelu pada tahun 2019 di Gunung Amegelu, Kab. Nagekeo.

Burung Seriwang Asia berukuran sedang dengan badan sepanjang 19-22 cm. Bulu tubuhnya mulai bagian kepala hingga ekor didominasi warna putih. Warna putih pada bagian dada hingga ekor. Bagian kepala, lingkaran sekitar mata, jambul hingga paruh berwarna hitam. Kedua kakinya lebih pendek. Berdiri tegak dan pemakan serangga.

Dimensi Indonesia
Satwa Langka Penghuni Gunung  Amegelu

Seriwang Asia merupakan burung berisik, dengan suara “Kreek.. Kree..” dan lebih bervariasi dari suara aslinya. Mereka termasuk burung monogami. Dalam mencari pasangannya, lebih berperan adalah burung betina. Sarangnya dibangun oleh burung jantan dan telur akan dierami bergantian jantan dan betina.

Habitat dan Kebiasaan

Dimensi Indonesia
Satwa Langka Penghuni Gunung  Amegelu

Burung penetap yang memakan serangga. Mencari makan di kanopi dan sub- kanopi hutan setinggi 15 m, tetapi kadang juga turun ke lapisan tajuk bagian bawah. Aktif mencari makan baik dengan terbang maupun menyisir.

Populasi burung ini belum diperkiran berapa banyak yang mendiami gunung hutan Amegelu. Konversi hutan menjadi lahan perkebunan merupakan ancaman utama kelestarian burung ini di alam.

Dimensi Indonesia
Satwa Langka Penghuni Gunung  Amegelu

Expedisi Amegelu

Beberapa tahun sebelumnya belum pernah ada laporan mengenai perjumpaan dengan burung Seriwang Asia. Namun, tim ekspedisi Amegelu, penemuan ini adalah kejutan dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Perhatian Serius

- Advertisement -

Dimensi Indonesia
Satwa Langka Penghuni Gunung  Amegelu

Untuk menjaga populasinya, juga habitatnya, Kelompok Dimensi Indonesia meminta kepada Pemerintah Kab. Nagekeo dapat bekerjasama dalam memberi perhatian serius. Menetapkan kawasan gunung hutan Amegelu sebagai hutan lindung.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -