Pusentasi, Sumur Obat di Pesisir Donggala

Sumur alami yang terletak di Dusun Simbe, Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala itu, ditemukan pada Tahun 1980an.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Sumur Pusentasi. Bukan rahasia umum kalau Pulau Sulawesi identik dengan keindahan lautnya. Pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar perairan Sulawesi. Tempat itu menawarkan keindahan pantai berpasir putih, ombak, dan laut biru. Ada pula destinasi unik bernama Pusentasi.

Secara etimologi, Pusentasi berasal dari gabungan kata “pusen” dan “tasi”. Pusen memiliki arti “pusat” dan tasi berarti “laut”, menjadikan Pusentasi memiliki makna harfiah sebagai pusat laut.

Nama itu datang dari wujud fisik lokasi wisata ini, menyerupai sumur dengan air laut tertampung di dalamnya.

Sumur Alami Terbesar di Dunia

Pusentasi berada di Towale, Donggala, letaknya masih di kawasan Pantai Tanjung Karang. Uniknya, Pusentasi berada cukup jauh dari laut, sekitar 300 meter, namun di dalam Pusentasi terisi air laut yang begitu jernih. Pusentasi terbentuk karena tanah yang ambrol sehingga menghasilkan sebuah sumur selebar 10 meter.

Sumur raksasa ini menjadi sumur alami terbesar di Dunia. Sumur ini memiliki diameter hingga mencapai 10 meter. Sementara kedalamnnya sekitar 7 meter.

Air yang terdapat di dalam Pusentasi dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di sini, wisatawan bisa menemui turis-turis yang tidak hanya datang untuk menikmati panorama, tetapi juga mencari khasiat air Pusentasi.

Dengan kedalaman sekitar 6 meter, Pusentasi bisa digunakan juga untuk sekadar berenang santai, meskipun butuh kewaspadaan juga ketika air sedang meninggi. Jaraknya tidak jauh dari bibir pantai dan masih masuk kawasan Pantai Donggala.

Baca Juga :  Air Terjun Murusobe, Si Kembar yang Memesona

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -