Pemandian Air Panas Mengeruda, Kolam “Bidadari” di Desa Mengeruda

 Tempat pemandian air panas Soa(mengeruda) terletak sekitar 18 km dari pusat kota Bajawa, atau perjalanan dari Labuan Bajo selama 8 jam via darat dengan menggunakan mobil

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Berendam di air panas? Siapa sih yang nggak suka. Aktivitas menyegarkan ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan tentu baik buat kesehatan. Nah, jika kamu sedang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT), ada baiknya mampir dan menikmati Pemandian Air Panas Mengeruda.

Pemandian Air Panas Mengeruda terletak di desa Mengeruda, Kabupaten Ngada, Kecamatan Soa NTT,  kira-kira sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bajawa.

Permandian alam ini menawarkan air panas yang sumber panasnya berasal dari  Gunung Ine Lika, yang memiliki ketinggian 1.559 MDPL. Gunung ini menyalurkan air panas yang mengandung belerang dan zat vulkanik.

Nah…pemandian Mengerudai berbentuk kolam yang melingkar dan lebar. Tinggi air rata-rata  sepinggang orang dewasa, cukup untuk berendam. Air akan terus mengalir seperti membentuk sungai kecil, dan diujungnya akan membentuk seperti air terjun mini.

Kolam pemandiannya juga hasil ukiran alam, terbentuk dari bebatuan yang diselimuti lumut hijau. Aliran air panas lalu membentuk sungai pendek dengan semburan kecil dari dalam kolam. Perpaduan alam itu membuatnya begitu menyegarkan dan sangat indah.

Di tempat ini ada beberapa kolam dengan tingkatan suhu air yang berbeda-beda, mulai dari kolam bersuhu tinggi hingga kolom yang hangat. Suhu tertinggi dapat mencapai  44 derajat celsius . Tetapi jangan khawatir, air yang berada di kolam hanya bersuhu 36 derajat celsius kok.

Lelah berendam? Disekitar permandai terdapat rumah makan yang menyajikan aneka makanan khas Bejawa. Selain itu juga terdapat kawasan perkemahan. Gazebo sebagai tempat untuk bersantai.

Traveler juga bisa memilih untuk mengeringkan diri di luar kawasan kolam, seraya menikmati udara sejuk hawa pegunungan, dan mencoba makanan ringan yang dijual warung-warung yang berada di gerbang masuk.

Baca Juga :  Sejarah Kerajaan Muna di Sulawesi Tenggara

Pemandian air panas ini buka sejak pukul 8 pagi sampai 6 sore setiap hari. Tiket masuk yang ditawarkan Rp. 5.000 per orang. Sumber air panas di Pemandian Mengeruda ini sangat deras saat musim penghujan. Namun ketika musim kemarau tiba, saluran air tersebut menjadi sedikit dan menjadikan kolam tampak kering.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -