Mata air Fotuno Rete Wakumoro: Daya Tarik, Akses, dan Harga Tiketnya

Mata air alami dengan air yang sangat jernih adalah salah satu anugerah alam yang mempesona.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Mata air alami di Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, membuka pintu menuju destinasi ajaib yang dikenal sebagai Fotuno Rete. Inilah tempat di mana alam berbicara dalam nada kejernihan air dan hamparan batuan yang menakjubkan.

Fotuno Rete bukan hanya sekadar tempat pemandian biasa. Airnya jernih mengalir di antara susunan bebatuan, menciptakan kolam alami yang mengundang. Pengunjung diajak untuk merasakan kesegaran dengan berenang atau sekadar bermain air di kedalaman yang mencapai tiga meter.

Mata air Fotuno Rete wakumoro
Airnya yang tenang dan jerni adalah kelebihan Mata air Fotuno Rete wakumoro.

Namun, yang membuat Fotuno Rete semakin memikat adalah suasana alaminya yang menyejukkan hati. Dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang menjulang tinggi, tempat ini memberikan kedamaian dan keasrian yang sulit ditemukan di tengah hiruk pikuk perkotaan. Duduk di bawah naungan gazebo sambil menikmati pemandangan air yang jernih adalah pengalaman yang patut dinikmati oleh siapa pun.

- Advertisement -

Akses Mata air Fotuno Rete Wakumoro

Lokasinya yang tersembunyi tidak membuatnya sepi. Dengan perjalanan sekitar satu jam dari Kelurahan Lakudo, pengunjung bisa menikmati keindahan Fotuno Rete. Akses masuk yang terletak di simpang Pasar Wakumoro memudahkan para pelancong, baik dari Raha, ibu kota Kabupaten Muna, atau dari Bandar Udara Sugimanuru yang terletak di Kabupaten Muna Barat.

Mata air Fotuno Rete wakumoro
Mata air Fotuno Rete wakumoro tak begitu dalam sehingga cocok untuk anak-anak berenang

Tiket Masuk Mata air Fotuno Rete Wakumoro

Selain menawarkan keindahan alam yang memikat, Fotuno Rete juga memberikan kemudahan bagi pengunjung. Pengelola wisata dan pemerintah desa setempat menggratiskan biaya masuk di hari-hari biasa, membuatnya lebih menarik untuk dikunjungi. Namun, di waktu-waktu tertentu seperti libur panjang atau hari besar, pengelola hanya memungut retribusi masuk.

Mata air Fotuno Rete wakumoro
Suasana yang tenang membuat Mata air Fotuno Rete cocok untuk liburan

Tidak hanya menjadi destinasi wisata, Fotuno Rete juga memberikan berkah ekonomi bagi masyarakat setempat. Di sekitar kawasan, terdapat lapak-lapak yang menjajakan makanan ringan dan air mineral, memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati kuliner lokal.

Baca Juga :  12 Tempat Wisata di Kabupaten Rote Ndao, Surga Bagi Pecinta Pantai
- Advertisement -