Gua Kristal, Wisata Primadona di Kota Kupang

Untuk mengunjungi gua ini sebaiknya wisatawan menggunakan jasa pemandu lokal agar memudahkan perjalanan mencapai gua tersebut.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Gua Kristal Kupang: Jika mendengar kata “Gua Kristal”, mungkin saja setiap orang langsung membayangkan betapa banyaknya batu perhiasan di dalam gua yang gelap itu. Namun, nyatanya anggapan itu sangat keliru.

Nama ‘kristal’ adalah kata kiasan untuk menarasikan kepada semua orang bahwa gua tersebut memiliki keindahan luar biasa dengan air jernih dan batu kristal yang membentuk kolam renang alami ini sehingga menjadi daya tarik bagi pelancong manapun di dunia untuk berkunjung.

Int : Mengapa Gua Kristal begitu istimewa?

Gua Kristal terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, dengan luas sekitar 30 meter persegi, Gua Kristal ini akan memanjakan setiap pengunjung dengan airnya yang jernih. Dasar gua terlihat jelas, laksana lukisan alam menakjubkan.

- Advertisement -
Int : Mengapa Gua Kristal begitu istimewa?

Di balik keindahan panoramanya, Gua Kristal memiliki sejarah yang tidak kalah menarik. Gua Kristal diperkirakan sudah ada sejak zaman Jepang. Dahulu gua menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang untuk menyimpan peralatan perang mereka. Gua ini oleh penduduk lokal menyebut Gua Amnesi. Amnesi sendiri diambil dari nama belakang nenek yang bernama Amnesi.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk mengunjungi gua ini sebaiknya wisatawan menggunakan jasa pemandu lokal agar memudahkan perjalanan mencapai gua tersebut. Berjarak sekitar ± 18 km dari kota Kupang, wisatawan harus menempuh perjalanan selama ± 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Untuk sampai ke lokasi ini dapat menggunakan transportasi pribadi atau transportasi umum.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung tidak dipungut biaya masuk untuk menuju lokasi gua ini. Namun bagi pengunjung yang hendak menggunakan jasa pemandu untuk mengantarkan hingga ke lokasi, dapat membayar seikhlasnya.

- Advertisement -

Fasilitas

Tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar lokasi. Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman ringan sebelumnya. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi wisata alam yang berbeda di Kota Kupang, Gua Kristal adalah pilihan yang tepat. Keindahan gua ini tak boleh dilewatkan.

Baca Juga :  Selayar, Ku Jatuh Cinta!
- Advertisement -