Geger Menjangan Purworejo: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiketnya

Geger Menjangan merupakan wisata di daerah Kabupaten Purworejo yang menyajikan konten wisata berupa bukit dan taman kota. Walaupun kedua wisata ini berbeda lokasi, namun jaraknya tidak begitu berjauhan karena masih dalam satu kawasan yang sama.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Geger Menjangan merupakan wisata di daerah Kabupaten Purworejo yang menyajikan konten wisata berupa bukit dan taman kota. Walaupun kedua wisata ini berbeda lokasi, namun jaraknya tidak begitu berjauhan karena masih dalam satu kawasan yang sama.

Kedua tempat wisata ini menjadi salah satu wisata favorit keluarga dan spot pendakian bagi para pemula maupun yang sudah berpengelaman. Bukit Geger Menjangan sendiri berada di kawasan pegunungan Menoreh dengan luas 12,75 hektar dan ketinggian bukit 175 MDPL. Maka tak heran jika bukit ini memiliki pemandangan yang indah. 

Nama Geger Menjangan berasal dari kata Geger berarti Punggung dan Menjangan yaitu Kijang. Jika diartikan yaitu Punggung Kijang. Memang dari kejauhan bukit ini terlihat seperti punggung kijang.

- Advertisement -

Daya Tarik Bukit Geger Menjangan

Wisata alam ini tak pernah sepi dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Lokasi hanya berjarak 5 km dari pusat Kota Purworejo membuat wisatawan tidak sulit menemukannya.

Memiliki Wisata Ziarah

Tidak hanya itu, di bukit ini memiliki wisata religi berupa sebuah makam milik Kyai Imam Piro. Beliau adalah salah seorang yang turut andil dalam sejarah keberadaan Kabupaten Purworejo. Maka tak jarang, wisatawan turut berziara mengunjungi makam Kyai Imam Piro dan Makam Sunan Ngerang.

Untuk berkunjung ke makam, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar 1.000 rupiah. Di saat bulan puasa, makam ini akan banyak dikunjungi wisatawan maupun masyarakat sekitar untuk berziarah atau yang  disebut nyadran.

- Advertisement -

Tak jauh dari lokasi makam, terdapat sebuah sumur tua (sumur Tiban) yang tak pernah mengering, sehingga dipercaya masyarakat berisi air ajaib.

Memiliki Taman dan Kolam Renang

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga memiliki fasilitas taman bermain dan kolam renang ramah anak-anak. Itulah sebabnya Bukit Geger Menjangan selalu jadi destinasi wisata keluarga favorit di Purworejo.

Baca Juga :  Goa Seplawan, Rumah Pertapaan Orang-orang Suci Terdahulu

Daya Tarik Puncak Bukit

Dari puncak bukit kita bisa melihat pemandangan hutan, deretan pegunungan Kaligesing serta aliran sungai Bogownto. Hal yang menjadi unggulan dari Bukit Geger Menjangan adalah momen sunrise tiba. Keindahan panorama sunrise di Bukit Geger Menjangan jadi daya tarik yang paling diburu wisatawan. 

- Advertisement -

Lokasi & Fasilitas Umum

Bukit Geger Manjangan berada di Desa Trirejo, Kecamatan Loana, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dalam hal kenyamanan, tempat wisata ini terbilang cukup bersih karena dikelolah secara baik.

Fasilitas sudah cukup lengkap. Mulai dari area parkir, warung makan, toilet, tempat istirahat, penginapan, CCTV 24 jam dan masih banyak lagi.

- Advertisement -