Bilenthango, Olahan Sehat Berbahan Ikan Segar Asal Gorontalo

Bilentango yang sering disebut juga Ikan Balarica atau Belah Rica adalah masakan khas masyarakat Gorontalo, Sulawesi, Indonesia. Makanan ini termasuk dalam hidangan utama Masakan Gorontalo.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Makanan khas Gorontalo ini diolah dari ikan goropa atau juga dikenal dengan ikan kerapu atau mujair. Satu hal yang membuat bilenthango unik adalah penggunaan daun pisang sebagai alas minyak dan ikan saat digoreng.

Cara memasak yang unik menjadi ciri khas masakan ini. Ikan yang telah diolah sebelumnya kemudian diletakkan diatas daun pisang. Daun pisang inilah yang menjadi wadah bagi ikan saat dimasak sehingga menambah cita rasa dan wangi yang khas dan Hal meminimalisir risiko ikan gosong karena terlalu lama digoreng.

Ikan air tawar dibelah dua dari ujung kepala hingga ke bagian ekor. Kemudian ikan direndam dalam perasan lemon atau jeruk nipis yang sebelumnya diberi bumbu halus diatasnya.

Bilenthango
Bilenthango. INT

Kuliner satu ini bisa kamu buat sendiri dengan menyiapkan beberapa bahannya seperti ikan mujair segar yang dibelah dua lalu diberi bumbu berupa cabe merah, bawang merah, tomat, dan kemiri.

Setelah itu ikan ini dipanggang. Jika diberikan minyak goreng diutamakan menggunakan sedikit minyak kelapa kampung. Pantang menggunakan minyak goreng yang banyak, apalagi hingga terendam minyak saat memasak.

Ikan dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat untuk jantung. Dalam jurnal penelitian Fish consumption and risk of major chronic disease in men, menemukan bahwa lebih dari 40.000 pria di Amerika Serikat, kelompok yang secara rutin makan satu atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko penyakit jantung 15% lebih rendah.

Baca Juga :  Pendap Bengkulu, Pepes Ikan yang Dikukus Berjam-Jam

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -