Air Terjun Ngabatata, Wisata Alam Tersembunyi yang Paling Diburu

Pesona air terjun Ngabatata yang terletak di Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Flores NTT yang memikat hati.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Ada beragam keindahan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hendak berkunjung. Air Terjun Ngabatata terletak di Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo.

Untuk mencapai Ngabatata, Anda mesti menempuh perjalanan sejauh 20 km dengan kendaraan dari Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo hingga Rendu, ibu kota Kecamatan Aesesa Selatan.

Dari Rendu, Anda perlu menempuh lagi 4 Km perjalanan menuju Desa Rendu Butowe, lokasi Air Terjun Ngabatata berada.

Jika telah tiba di Desa Rendu Butowe, kendaraan akan diparkir di Dusun Roga Roga. Kemudian Anda perlu berjalan kaki sekitar 2 Km lagi baru tiba di Air Terjun Ngabatata. Kondisi jalan yang dilewati, masih berupa jalan tanah dan tebing terjal.

Foto Internet :

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Ngabatata, ada juga alternatif jalanain yakni melalui Desa Kalilambo. Jika melewati Desa Kalilombo, perjalanan menjadi lebih dekat sekitar dua jam.

Jika telah tiba di air terjun indah ini, rasa lelah perjalanan Anda akan terbayar lunas. Betapa tidak, mata anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang eksotik.

Anda akan menyaksikan pemandangan, aliran air yang menyembul membasahi dinding batuan dan perlahan turun dari ketinggian sekitar 83 meter.

Air Terjun Ngabata
Air Terjun Ngabata. FOTO: Int

Air yang jatuh menyembul dari ketinggian tersebut seperti tertampung dalam wadah kolam alam yang berada di dasar tebing itu.

Pada sisi tebing kiri dan kanan nampak pepohonan hijau tumbuh melekat. Ada juga sisi tebing yang terlihat berwarna kuning kecoklatan.

Makin mendekati permukaan kolam tumpahan air terjun, terlihat lumut yang tumbuh melekat memenuhi dinding tebing.

Kolam bagian bawahnya yang dikelilingi batu-batu alam, memang menjadi pelengkap yang memanjakan mata.Pada area pinggir kolam, sering dijadikan lokasi untuk membangun kemah bagi wisatawan yang hendak berkegiatan outdoor di sekitar air terjun.

Baca Juga :  Walau Timbul Tenggelam, Pulau Meko Tak Seperti Dirimu

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -