Pulau Pombo, Lanskap Alam yang Sungguh Mempesona

Air laut yang sangat jernih bagaikan kristal berkolaborasi dengan putihnya pasir pantai menciptakan pesona alam yang sangat mengagumkan.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Pulau Pombo. Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dianugrahi dengan bentang alam menawan. Layaknya kepingan surga yang tertinggal, di Maluku banyak berderet pantai yang eksotis, lengkap dengan taman bawah lautnya yang terlihat manis. Pulau-pulau kecil tak berpenghuni juga banyak berserakan di perairan Maluku.

Salah satu pulau kecil di Maluku ini memiliki pesona yang sungguh luar biasa. Letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat pulau tersebut sangat terjaga keasrian dan kealamiannya. Tidak hanya itu saja, berbagai fauna dan flora turut menyumbang kekayaan dan pesona pulau kecil ini.

Tidak hanya di darat saja, keindahan pulau cantik ini juga ditunjukkan oleh keanekaragaman biota laut yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Tidak kaget kalau banyak wisatawan dari luar daerah yang rela datang untuk bisa menikmati semua keindahan alamnya.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Pombo, pengunjung akan disambut dengan lanskap alam yang sungguh mempesona. Pemandangan alam yang terhampar seluas mata memandang akan memanjakan mata anda saat berkunjung kesini.

Pulau Pombo
Pulau Pombo. IST

Air laut yang sangat jernih bagaikan kristal berkolaborasi dengan putihnya pasir pantai menciptakan pesona alam yang sangat mengagumkan. Pemandangan tersebut kian dipercantik dalam bingkai keasrian alam yang dimilikinya.

Selain kekayaan hayati yang ada di permukaan, Pulau Pombo juga menyimpan potensi pesona bawah laut. Keindahan bawah lautnya bahkan sudah bisa dinikmati dari atas permukaan airnya yang sangat jernih.

Warna-warni terumbu karang, dan rumput laut yang dikelilingi ikan-ikan cantik seolah menciptakan pertunjukkan bawah laut yang sungguh menawan. Beberapa biota laut bahkan berenang mendekati wisatawan yang sedang menyelam di sekitar laut tersebut.

Lokasi pulau yang jauh dari jangkauan membuat ekosistemnya masih tetap terjaga. Hembusan angin pantai yang sangat sejuk serta indahnya pemandangan alam yang tersaji tentu akan memanjakan mata dan pikiran wisatawan. Suasana alam yang sungguh syahdu ini mampu menghilangkan penat dan stress sehingga membuat wisatawan menjadi lebih rileks.

Baca Juga :  Pemandian Alam Bungi dengan Pesona yang Mengagumkan

Sebagai daerah yang dilindungi tentu membuat kekayaan flora dan fauna di Pulau Pombo masih tetap terjaga. Salah satu hewan yang menjadi maskot pulau keren ini adalah Burung Pombo. Pengunjung akan melihat banyaknya Burung Pombo yang beterbangan di sekitar area pulau.

- Advertisement -

Lautnya yang merupakan kawasan konservasi perairan ini juga memiliki kekayaan laut yang tidak kalah mempesona. Berbagai biota laut penuh warna akan terlihat sangat cantik jika dilihat dari atas permukaan laut yang sungguh bening.

Rute Pulau Pombo 

Letaknya yang berada di tengah laut, membuat pulau kecil ini tidak memiliki banyak akses, selain menggunakan transportasi air seperti perahu atau speedboat. Pulau cantik ini terletak sekitar 38 km dari Kota Ambon atau menghabiskan waktu sekitar satu jam tiga puluh menit perjalanan darat dan laut.

Pulau Pombo
Pulau Pombo. IST

Bagi pengunjung yang berasal dari Bandara Patimura bisa melalui Jalan Propinsi hingga sampai pada Pelabuhan Tulehu. Dari pelabuhan tersebut, anda bisa menyewa speedboat atau menggunakan jasa perahu para nelayan yang ada di sekitar dermaga.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan pelabuhan Feri Waii sebagai alternatif untuk menyeberang ke Pulau Pombo. Jarak pelabuhan Feri Waii yang lebih dekat dengan pulau, membuat perjalanan laut anda akan lebih cepat sampai di lokasi.

Wisatawan dapat memilih dua jasa transportasi yang tersedia di dermaga sebagai sarana penyeberangan ke pulau. Bagi wisatawan yang ingin menyewa speedboat harus menyediakan dana sebesar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 untuk satu orang.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa jasa para nelayan di pelabuhan. Cukup dengan biaya sekitar Rp 100.000 per orang atau bahkan kurang dari itu, maka nelayan akan mengantarkan wisatawan hingga sampai di Pulau Pombo.

Baca Juga :  Keindahan Pantai Kolagana di Bau-Bau

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -