Pantai Liman, Pesona Alam yang Harus Kamu Saksikan

Pantai Liman menghadap ke barat membuat Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2020, Pantai Liman masuk dalam daftar destinasi baru yang menjadi favorit wisatawan terutama untuk melihat sunset.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Meski kering, Pulau Semau di Kabupaten Kupang Provinsi NTT juga memiliki kekayaan bahari. Salah satu destinasi yang menarik wisatawan adalah Pantai Liman, di Desa Uitiuh Tuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang.

Pantai Liman termasuk dalam Tujuh Destinasi Unggulan NTT. Enam destinasi diantaranya adalah Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, Fatumnasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Wolwal di Kabupaten Alor, Koanara di Kabupaten Ende, Praimadita di Kabupaten Sumba Timur dan Lamalera di Kabupaten Lembata.

Pantai Liman yang tidak biasa berada di barat daya Pulau Semau, bertetangga dengan pantai Uitiuhtuan di selatannya. Panjang pantainya sendiri mencapai sekitar 1 kilometer.

- Advertisement -

Poin terpenting keindahan pantai ini adalah warna pasir yang bersih. Jika foto diambil pada sore pantainya yang berwarna putih kemerahan.

Tidak heran pantai ini dijadikan dalam tujuh destinasi unggulan Provinsi NTT, karena mampu memberi nuansa eksotis terutama dari masing-masing warna yang menawarkan sensasi keindahannya. Di sepanjang pantai ini tumbuh beberapa pohon palem dari jenis lontar.

pantai liman
Foto int : Pantai Liman termasuk dalam Tujuh Destinasi Unggulan NTT.

Pemandangan menjadi menarik karena dilengkapi dengan Bukit Liman, dengan ketinggian sekitar 150 meter. Wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk mendaki menuju puncaknya. Namun jika sudah lelah bisa menggunakan kendaraan roda dua.

- Advertisement -

Dengan adanya Bukit Liman memberi kesan kawasan pantai menjadi tidak monoton. Dari atas bukit kita bisa memandang ke segala arah dengan sudut 360 derajat. Perpaduan perbukitan hijau, pasir putih, laut dan langit biru memadukan warna alam yang begitu harmonis.

Pantai Liman menghadap ke Laut Sawu yang luas. Karena tidak menghadap langsung Samudra Hindia, ombak pantai cukup bersahabat bagi wisatawan terutama untuk anak-anak. Kita dapat leluasa bermain di pasir pantai tanpa khawatir tergulung ombak yang datang.

Baca Juga :  Sawah Jatiluwih dan Warisan Budaya Dunia

Pantai Liman tegak lurus dari utara ke selatan. Pantai ini menghadap ke barat sehingga sangat cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Menjadi menarik lagi, di depannya pantai sisi selatan menyembul Pulau Tabui yang rimbun oleh pepohonan.

- Advertisement -

Selain melihat sunset kegiatan wajib yang bisa dilakukan wisatawan yaitu hunting foto. Setiap sudut di pantai ini hampir semuanya cantik, menawarkan beragam latar belakang foto. Membelakangi laut, memandang laut dari puncak Bukit Liman, di bawah pohon lontar, atau bermain pasir.

pantai liman
Foto int : Pantai Liman termasuk dalam Tujuh Destinasi Unggulan NTT.

Kebanyakan pantai di NTT umumnya menghadap ke arah selatan atau utara. Namun Pantai Liman menghadap ke barat membuat Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2020, Pantai Liman masuk dalam daftar destinasi baru yang menjadi favorit wisatawan terutama untuk melihat sunset.

Agar lebih dikenal masyarakat luas, pemerintah provinsi mengadakan promosi dengan nama Liman Sunset Festival.

Ketika itu ajang promosi wisata pantai dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti ethnic dance,fashion show,serta acara pre-launching yang dimeriahkan oleh sejumlah puluhan pemuda kreatif NTT yang tergabung dalam Timor Creative People (TCP).

Wisatawan tidak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia di Pantai Liman. Saat ini ada sebuah rumah inap (homestay) yang menyediakan 6 kamar untuk pengunjung. Selain homestay, ada juga cottage dan rumah makan yang dibangun dalam rangka pembenahan aspek akomodasi pada destinasi wisata unggulan baru tersebut.

Untuk masuk dalam kawasan Pantai Liman wisatawan tidak dikenakan tiket masuk sama sekali sehingga bisa datang berkunjung kapan saja. Perlu diketahui bahwa jam buka pantai tersebut adalah setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 05.00-19.00 WITA. Sementara itu untuk weekend (Sabtu dan Minggu) buka lebih lama yakni mulai pukul 05.00-20.00 WITA.

Baca Juga :  Batu Kodok, Wisata Unik di Tepi Jalan Nagekeo

Dulunya untuk sampai ke Pantai hanya bisa melalui jalur laut. Kini dengan infrastruktur jalan yang sudah dibangun pada 2021 perjalanan ke pulau ini bisa dilakukan lewat jalur darat. Wisatawan perlu menyeberang dari Pelabuhan Bolok di Kabupaten Kupang ke Pelabuhan Hansisi di Pulau tersebut dilanjutkan dengan perjalanan darat.

- Advertisement -