Mengenal Pakaian Tradisional Suku Toraja

Dalam filosofi, penggunaan pakaian adat juga berdasarkan siapa yang menggunakannya.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Pakaian Tradisional Suku Toraja. Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki panaroma alam yang begitu indah. Hamparan sawah yang berjejer rapi hingga udara sejuk penggunungan menjadikan Tana Toraja sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Selain itu, masyarakat Tana Toraja masih mempertahankan tradisi dan budaya. Termasuk penggunaan baju adat Toraja bagi masyarakatnya.

Filosofi Baju Adat Toraja

Dalam filosofi, penggunaan pakaian adat juga berdasarkan siapa yang menggunakannya. Beberapa nama baju adat Toraja ialah baju Pokko, Seppa Tallu Buku, Kandaure, dan lain-lain. Memang di wilayah Sulawesi, sebagian baju adat yang dikenakan masyarakat hampir sama. Oleh karenanya sebutan jenis baju ini sama saja di beberapa wilayah.

Kain tenun khas Toraja umum dipakai dalam acara pemakaman ketika ada yang meninggal dunia yaitu pada saat upacara kematian. Penggunaan ini memiliki arti yang menggambarkan status kasta dan kebangsawanan seseorang.

Aksesoris yang dipakai sebagai pelengkap juga memiliki filosofi. Kandaure misalnya, merupakan hiasan manik-manik yang disusun menjadi suatu motif. Dipasangkan pada bagian dada, pinggang, serta lainya. Kandaure memiliki makna berupa keturunan yang hidup dengan penuh kebahagiaan bagai cahaya bagi kehidupan.

Kemudian ada juga aksesoris yang digunakan pria Toraja yaitu Gayang yang menjadi senjata khas suku Toraja. Penggunaan Gayang ini memiliki makna untuk menggambarkan laki-laki Toraja yang mulia. Begitu pun pada pakaian adat yang digunakan wanita dan memiliki makna keindahan serta kecantikan.

Baju adat wanita Toraja disebut dengan baju Pokko. Baju ini digunakan para keturunan suku Toraja yang disesuaikan dengan kasta dan usia. Penggunaan baju adat untuk anak perempuan biasanya lebih sederhana dan terang. Sementara untuk perempuan usia remaja dan dewasa biasanya menggunakan warna merah, kuning, dan putih dilengkapi berbagai aksesoris.

Baca Juga :  Tradisi Baku Pukul Manyapu, Unik Dan Kontroversi

Pada keturunan laki-laki Toraja, baju yang dikenakan dinamakan Seppa Tallung atau Seppa Tallung Buku. Pakaian ini terdiri dari atasan yang memiliki desain lengan panjang, serta celana yang panjangnya hanya selutut.

Kemudian akan dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti selendang kain tenun, gayang, lipa, dan banyak lagi. Itulah Pakaian Tradisional Suku Toraja yang membuat negara kita makin beragam.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -