Asal Usur Suku Dayak Kalimantan

Suku Dayak adalah penduduk asli Pulau Kalimantan yang terdiri atas beragam budaya dan subsuku. Istilah Dayak pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Belanda bernama August Kaderland pada 1895.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

asal usul suka dayak
asal usul suka dayak. FOTO: Int

Arti kata Dayak sendiri sebenarnya masih menjadi bahan perdebatan para ahli. Ada yang menyebut artinya adalah manusia, pedalaman, hingga orang yang tinggal di hulu sungai. asal usul suku dayak.

Sementara sebagian lainnya mengklaim istilah Dayak menunjuk pada karakteristik personal yang diakui oleh orang-orang Kalimantan, yakni kuat, gagah, berani, dan ulet.

Terlepas dari perbedaan itu, penduduk asli Kalimantan sendiri umumnya tidak mengenal istilah Dayak. Orang-orang di luar lingkup merekalah yang menyebutnya sebagai Suku Dayak. Lantas, bagaimana asal usul Suku Dayak di Kalimantan?

Nenek moyang Suku Dayak

Sebagian ahli berpendapat bahwa Dayak adalah salah satu kelompok suku asli terbesar dan tertua yang mendiami Pulau Kalimantan. asal usul suku dayak.

Gagasan ini didasarkan pada teori migrasi penduduk, di mana nenek moyang orang Dayak diperkirakan berasal dari beberapa gelombang migrasi.

Gelombang pertama terdiri dari ras Australoid, yang kemudian disusul oleh ras Mongoloid. Gelombang migrasi ini terus berlanjut, hingga menyebabkan Suku Dayak memiliki begitu banyak bahasa dan karakteristik budaya.

Suku Dayak memiliki 268 sub-suku yang dibagi ke dalam enam rumpun, yaitu Rumpun Punan, Rumpun Klemantan, Rumpun Apokayan, Rumpun Iban, Rumpun Murut, dan Rumpun Ot Danum.

Suku Dayak Punan adalah suku yang paling tua mendiami Pulau Kalimantan. Sedangkan rumpun lainnya merupakan hasil asimilasi dengan bangsa Melayu.

Terpecahnya Suku Dayak

Suku Dayak berasal dari seluruh Kalimantan, baik yang masuk dalam wilayah Indonesia, ataupun yang masuk ke wilayah Malaysia dan Brunei.

- Advertisement -

Di daerah selatan Kalimantan, Suku Dayak pernah membangun sebuah kerajaan. Dalam tradisi lisan Dayak di daerah itu sering disebut Nansarunai Usak Jawa, yakni Kerajaan Nansarunai dari Dayak Maanyan yang dihancurkan Majapahit.

Baca Juga :  Kambira Baby Graves, Pemakanam Primitif Khusus Bayi Suku-suku Toraja

Peristiwa itu mengakibatkan Suku Dayak Maanyan terdesak dan terpencar, sebagian masuk pedalaman ke wilayah Dayak Lawangan. Arus besar berikutnya terjadi pada saat pengaruh Islam, tepatnya Kesultanan Demak, bersama masuknya pedagang Melayu.

Setelah itu, sebagian besar Suku Dayak di wilayah selatan dan timur Kalimantan mulai memeluk Islam dan tidak mengakui dirinya sebagai orang Dayak.

Orang Dayak yang tidak masuk Islam kembali menyusuri sungai, masuk ke pedalaman, dan bermukim di Kayu Tangi, Amuntai, Margasari, Watang Amandit, Labuan Amas, dan Watang Balangan.

Sedangkan sebagian lainnya yang masih mempertahankan adat budayanya terus terdesak masuk ke hutan rimba. asal usul suku dayak

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

[gs-fb-comments]

BACA JUGA

- Advertisement -