Festival Pesona Kebangsaan Ende, Bersiaplah Buat Terpana

Ada yang tahu enggak sebuah daerah yang dapat julukan Kota Pancasila? Jawabannya adalah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Sebutan itu diberikan karena Ende jadi saksi bisu lahirnya Pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Nah, buat mengenang momen bersejarah itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bakal menggelar Festival Pesona Kebangsaan.

Acara ini berlangsung meriah setiap tahunnya! Rangkaian kegiatannya akan dibuat lebih istimewa lagi tahun ini dengan mengambil lokasi di destinasi wisata Ende.

Bersiaplah buat terpana

Kamu tidak akan menyesal kalau datang langsung ke Ende pada 30 Mei-1 Juni 2022 buat menyaksikan Festival Parade Pesona Kebangsaan 2022. Perhelatan akbar yang mengusung tema “Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia” ini bakal menyuguhkan tiga parade spektakuler.

Yang pertama adalah Parade Laut yang diisi sama berbagai kegiatan, mulai dari doa bersama, dialog Pancasila, sampai parade perahu dan kapal nelayan sambil mengarak simbol Pancasila raksasa dengan rute Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende (Pelabuhan Soekarno).

Ada juga Parade Udara. Kamu bisa nonton paralayang dengan garis awal di Puncak Paralayang Kezimara dan mendarat di Pantai Kota Raja. Kedua destinasi wisata NTT itu punya pemandangan alam yang bikin kangen.

Masih ada satu parade lagi, yakni Parade Darat. Kamu bakal disuguhi keunikan seni dan budaya khas Ende dan nusantara.

Festival Pesona Kebangsaan
Festival Pesona Kebangsaan

Istimewanya lagi, kamu bisa nonton pembacaan narasi di tiap situs bersejarah yang dilewati selama Parade Darat berlangsung. Ada Pelabuhan Soekarno, Kantor Polisi Militer, Rumah Pengasingan Soekarno, Serambi Soekarno, Gedung Imaculata, Makam Ibu Amsi, dan Taman Permenungan Pancasila.

Malam Renungan dan Upacara Pancasila

Malam Renungan adalah agenda wajib dalam setiap penyelenggaraan Festival Pesona Kebangsaan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Taman Bung Karno di malam sebelum peringatan hari lahirnya Pancasila. Program ini bakal diisi sama acara penyalaan obor dan renungan.  Masyarakat juga bisa nonton pentas seni yang disuguhkan sama sanggar lokal.

Baca Juga :  Pantai Lagundri, Pacu Papan Selancarmu Disini!

Tepat pada tanggal 1 Juni 2022 akan dilakukan upacara di lapangan Pancasila. Dialog dan Orasi Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia pun bakal digelar. Yang tidak kalah menarik, masyarakat bisa melihat dan belanja produk UMKM lokal di Pameran Ekonomi Kreatif.

- Advertisement -

Wisatawan terhibur dan  di sisi lain, ada nelayan, seniman, sanggar, pelaku ekraf maupun  pelaku pariwisata ikut merasakan dampak positif. Satu event bisa jadi penggerak ekonomi dan ngasih peluang usaha juga buat masyarakat lokal.

Festival diawali dengan kegiatan pawai budaya dari Dermaga Soekarno sampai Taman Renungan Bung Karno. Enggak cuma mengenang kelahiran Pancasila, masyarakat yang berpartisipasi juga antusias banget buat nunjukin pakaian adat dan tenun khas Ende. Mereka mengenakannya selama festival ini berlangsung.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -