Danau Laut Tawar Aceh dan Sejuta Misterinya

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau di Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Aceh Tengah yang sangat luas serta memiliki panorama alam menawan.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia yaitu Kopi Aceh Gayo.

Daerah ini memang didominasi dengan perkebunan dan lahan pertanian luas yang berada didataran tinggi.

Selain terkenal dengan kopinya, Aceh Tengah juga memiliki beberapa tempat wisata yang cukup populer seperti Danau Laut Tawar.

Danau ini merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semangko. Itulah sebabnya mengapa Danau Laut Tawar ini terbentang sangat luas, yakni sebesar 5.472 hektar, dengan panjang 17 km serta lebar 3,219 km.

Danau Laut Tawar kini menjadi salah satu spot foto yang diincar banyak petualang, terutama petualang millennial. Spot foto yang fotogenik ini menjadi salah satu alasan kuat kenapa mereka banyak yang datang ke sini.

Danau ini lebih mirip dengan lautan. Wisatawan bisa melihat adanya ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepi danau. Keindahan panorama alam berupa perbukitan hijau yang berada disekitar danau juga menambah suasana alami serta sedap untuk dipandang mata.

Selain menikmati dari tepian, cara lain menikmati Danau Laut Tawar adalah dengan mengitarinya menggunakan sekoci, perahu karet, sampan, hingga speed boat.

Spot yang Instagramable

Setelah mengitari danau, hal yang wajib kamu lakukan ada singgah di spot dermaga. Salah satunya adalah Dermaga Pante Menye. Dermaga ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan dikarenakan spot ini memiliki desain kayu unik seperti kapal besar.

Disini juga banyak disediakan tempat duduk unik untuk para wisatawan. Spot foto di dermaga ini sangat instagramable, tak heran selalu menjadi magnet bagi wisatawan yang datang, apa lagi disaat akhir pekan.

- Advertisement -

Fasilitas

Fasilitas dari Danau Laut Tawar memang sangat lengkap. Terdapat area parker, toilet, mushalla, sekoci, perahu karet, sampan, speed boat, restoran, serta penginapan terhampar di sekitarnya danau.

Baca Juga :  Danau Ninivala dan Mitos Mencari Jodoh

Sudah terbayang healing dengan berenang di tepian danau, berspeed boat ria bersama teman-teman dan keluarga, dan tidak lupa mengabadikan kenangan di Dermaga Pante Menye.

Bagaimana Ke Sana?

Untuk mencapai danau ini, jika berjalan dari kota Lhokseumawe akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalan darat, dan memakan waktu sampai dengan 10 jam jika berjalan dari kota Medan.

Tetapi semua lelah akan terbayar saat tiba di tempat. Danau Laut Tawar mampu membuat siapa saja terpana dengan pesonanya. Kamu dapat menikmati keindahannya dari kota Takengon, yang berada di sisi barat danau ini.

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

Bagikan

Yuk, sama-sama mengenalkan potensi keindahan Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -