5 Pesona Telaga Nirwana, Si Cantik dari Pulau Rote

Telaga Nirwana suguhkan perairan menakjubkan. Warna kehijauan yang menyejukkan membuatnya begitu cantik.

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Telaga Nirwana terletak di Pulau Rote, yang merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk menikmati keindahannya, perjalan kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buadale di dusun Kotalai desa Oeseli kecamatan rote Barat Daya kabupaten Rote Ndao harus ditempu.

Konon, telaga  itu terbentuk akibat sepasang kekasih yang berjanji setia untuk bertemu di nirwana (surga). Keduanya bersumpah ditepi genangan air laut yang kemudian yang kini jadi Telaga.

Si cantik dari Pulau Rote yang populer karena keindahan alamnya yang menakjubkan ini memilik wajib masuk list liburan anda ketika berkunjung ke NTT.

- Advertisement -

1. Pemandangan Alam yang Memesona

Telaga Nirwana
Pesona Telaga Nirwana

Telaga Nirwana menawarkan pemandangan indah memesona. Panjang teluknya mencapai 700 meter yang   menjolor ke gua nan indah. Disekitar danau, tumbuh  pepohonan hijau yang kompak menciptakan panoramah nan memukau.

2. Perairan yang Jernih dan Tenang

Airnya yang tenang memantulkan bayangan langit dan berisan pepohonan. Saking jerninya, dasar danau dapat terlihat dengan jelas. Karena air danau yang tenang, keindahan pantulan pohon-pohon dan langit di permukaan air, menciptakan lukisan alam. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain air dan menikmati suasana tenang.

3. Nama yang Indah

Telaga Nirwana
Nama yang indah.

Pemandangan asri nan menyejukan hati dikala tiba di pantai indah dengan telaganya yang begitu mempesona dan memukau bagaikan si gadis cantik yang belum mengenal dunia luar, itulah Telaga Nirwana, begitu sebutan penduduk desa setempat menamai telaga ini. Gambaran yang menjanjikan kenangan hati bagi setiap penimatnya.

- Advertisement -

4. Lokasi yang Tersembunyi

Telaga Nirwana dikelilingi pepohonan rindang nan hijau yang tumbuh subur berjejeran di tepi aliran air. Lantaran belum terlalu dikenal masyarakat luas, suasana di sekitarnya sangat sepi. Lokasinya tersembunyi, membuat telaga cantik ini dapat menjadi tempat  mencari ketenangan sambil menikmati pesona alamnya dengan suasan damai ditemani kicauan burung merdu.

Baca Juga :  Museum Kota Makassar: Melihat Kota Makassar 300 Tahun Lalu

Keindahan bentangan air laut ditepi tebing karang.

5. Terdapat Batu Berbentuk Hati

telaga nirwana
Batu berbentuk hati. IDM

Batu berbentuk hati yang terdapat di tengah telaga  jadi salah datu magnet dan primadona. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk sekadar berpose diatasnya.

- Advertisement -

Menurut cerita warga setempat, dulu batu itu  menjadi tempat berdoa sebelum mereka melaut agar hasil lautnya melimpah.

- Advertisement -