12 Tempat Wisata di Pangkep: Lokasi dan Harga Tiket

Tempat wisata di Pangkep ini umumnya didominasi wisata alam seperti pantai, pulau dan pegunungan.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Tempat Wisata di Pangkep. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan adalah satu dari 24 kabupaten di Sulawesi Selatan. Ibu kotanya adalah Pangkajene. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 12.362,73 km² dengan luas wilayah daratan 898,29 km² dan wilayah laut 11.464,44 km².

Kabupaten yang terkenal dengan Kulinernya Sop Saudara ini punya daerah yang identik. Pangkep jadi salah satu daerah yang mewarisi salah batuan kars terbesar di Dunia. Anugera ini membuat daerah yang dikenal penghasil ikan bolu ini kayak akan tempat-tempat indah.

Tah hanya di darat, pulau-pulau di Pangkep juga indah. Penasaran? Berikut Dimensi Indonesia rangkumkan tempat wisata di Pangkep yang wajib kamu kunjungi saat sedang berada di Sulawesi Selatan.

- Iklan -

1. Mengintip Batu-Batu Purba di Taman Batu Karst Balocci

Taman Batu Karst Balocci
Taman Batu Karst Balocci

Taman Batu Karst Balocci adalah kawasan yang berisi hamparan bebatuan karst yang terbentang luas. Terdapat beragam bebatuan berwarna hitam legam yang kaya akan unsur seni berjejer tak beraturan.

Dinamakan taman batu karena Batu-batuan unik berbentuk seperti menara candi mini dan tak ada jarak. Pada Mei 1902, Paul dan Fritz Sarasin pengelana dari Swiss menyambangi kawasan ini. Mereka terhenyak menyaksikan batu berwarna hitam itu. Sarasin menulisnya “hitam seperti batu bara”.

Di Sekelilingnya terdapat pepohonan hijau yang asri dan natural. Kamu  dapat merasakan tracking saat berjalan di atas batu. Tak hanya itu saja, bentuknya seperti candi mini bisa menjadi background menarik saat pengunjung mengabadikan gambar.

- Iklan -

Nah, yang perlu jadi catatan Ketika berkunjung, kamu sebaiknya lebih berhati-hati dengan bebatuan kart  yang runcing dan bisa melukai kaki.

Lokasi
Desa Balleanging, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep.
Maps

2. Menimati Udara Sejuk di Bulu Sorongan

Bulu Sorongan
Bulu Sorongan

Bulu Sorongan menjanjikan keindahan yang eksotis. Dipuncaknya kamu akan melihat hamparan hijau alam Segeri yang dihiasi barisan bukit pegunungan dan hamparan  rumput bak permadani hijau yang membentang luas. Udaranya sejuk, dan kabutnya terasa menyelimuti.

Baca Juga :  Bertemu Ular Pemalu yang Mematikan di Bukit Watundoa

Untuk menikmati semua itu, kamu butuh waktu kurang lebih tiga jam, melalui delapan pos untuk mencapai ketinggian 731 mdpl. Sebagai bonus, disalah satu titik posnya terdapat air terjun, tempat yang asyik untuk beristirahat atau sekedar menikmati segarnya air dari pegunungan tersebut.

- Iklan -

Perlengkapan camping seperti tenda, matras, kompor, alat masak, logistik, pakaian ganti, jaket, senter, air mineral, dan obat-obatan adalah list wajib yang harus kamu bawah.

Lokasi
Desa Parenreng, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan
Maps

3. Berswafoto di Air Terjun Cambang Cui

Air Terjun Cambang Cui
Air Terjun Cambang Cui

Air terjun Cambang Cui menyuguhkan keindahan yang tak kalah menawan dengan destinasi alam lainnya di Pangkep. Air terjun setinggi 5 meter itu mengalir dari kaki gunung Bulu Saraung.

Kamu akan disuguhkan  keindahan air yang mengalir di antara pepohonan hijau yang segar. Gemericik suara air pun turut menyumbang suasana tenang bagi para wisatawan. Menikmati kesegaran air terjun dan berswafoto, berlatar belakang panorama keindahan air terjun bernuansa alami demi melepas penat di tengah kesibukan.

Lokasi air terjun yang dikelilingi pepohonan rindang, juga menjadikan udara di tempat ini terasa begitu sejuk, hanya ada suara gemericik air yang jatuh menghantam bebatuan.

Lokasi
Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci, Pangkep.
Maps

 

4. ­Mandi di Leang Lonrong

Salah satu Wisata di Pangkep adalah Wisata Leang Lonrong adalah permadian alami yang mengalirkan air dari pegunungan. Air dari pegunungan tersebut mengalir ke  sungai seluas 4 meter diatas tumpukan bebatuan alami.

Leang Lonrong adalah tempat permandian yang menyuguhkan kesejukan alam. Airnya jernih, langsung dari mata air pegunungan Lonrong, Desa Panaikang Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep.

Lokasi
Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.
Maps
Baca Juga :  Pulau Pangabatang, Surga Cantik di Sudut Flores

5. ­Wisata Sejarah di Taman Perbakalan Sumpang Bita

Sumpang Bita
Sumpang Bita

Tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam, Taman Purbakala Sumpang Bitai juga menyimpan peninggalan prasejarah. Kawasan wisata yang masuk kawasan perbukitan karst Geopark Maros-Pangkep ini terletak sekitar 58 km dari Kota Makassar dan salah satu tempat wisata populer di Pangkep.

Di kawasan ini, kamu dapat melihat langsung berbagai peninggalan jejak sejarah di masa lampau di Taman Purbakala Sumpang Bita. Terdapat dua gua prasejarah, yakni Gua Sumpang Bita dan Gua Bulu Sumi.

Gua Sumpang Bita merupakan gua terbesar yang ada di Kabupaten Pangkep bahkan di Sulawesi Selatan. Sedangkan di Gua Bulu Sumi, kamu dapat menenukan peninggalan Arkeologis berupa lukisan dinding, artefak batu, fragmen gerabah dan cangkang moluska.

Lokasi
Desa Sumpa Bita, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).
Maps

6 . ­Kemping di Danau Hijau Balocci

Danau Hijau Balocci
Danau Hijau Balocci

Panoramanya memang bikin jatuh cinta. Ya, namanya danau hijau balacci. Warga sekitar juga menyebutnya danau cinta balocci. Bukan tanpa alasan danau itu diberi nama demikian.

Jika dilihat dari atas Danau hijau Balocci berbentuk seperti hati. Ada juga yang mengatakan, alasan pemberian nama danau cinta adalah karena setiap orang yang melihatnya akan langsung jatuh cinta. Entah apa itu benar, namun kamu patut mencobanya.

Danau cinta punya airnya yang biru kehijauan dan  jernih. Kamu dapat bermain di pinggiran dan merasakan kesegaran airnya.

Untuk yang suka berpetualan, menikmati danau dari atas bukit patut kamu coba. Di tempat ini, Danau Cinta terlihat seperti kolam besar di antara pepohonan hijau dan pusaran karst.

Lokasi
Balocci Baru, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan
Maps
- Iklan -

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

BAGIKAN