Pantai Ina Burak, Pantai Indah dari Pulau Adonara

Kata Ina Burak sendiri memiliki arti, Ina (Perempuan) dan Burak (Putih).

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Adonara merupakan Pulau kecil yang berada di wilayah Flores Timur provinsi Nusa Tenggara Timur. Adonara atau biasa disebut Nusa Tadon memiliki kekayaan budaya, tradisi dan bahasa yang khas.

Selain itu Pulau ini didukung dengan beberapa wisata pantai yang menarik, seperti Pantai Wato Tena, Wera Mean,  Laga Loe, Ina Burak, dan masih banyak lagi yang mesti diekspose. 

Kali ini kita akan mereview salah satunya adalah Pantai Ina Burak di wilayah selatan Pulau Adonara, Desa Nihaone, Kecamatan Ile Boleng. Berjarak kurang lebih 12 km dari pusat kota Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur. 

- Iklan -

Kata Ina Burak sendiri memiliki arti, Ina (Perempuan) dan Burak (Putih). Terlepas dari sisi sejarah yaitu “Perempuan Berkulit Putih” saat ini Pantai Ina Burak menjadi salah satu destinasi favorit yang sering dikunjungi masyarakat. 

Fasilitas

Sejak dibukanya pada tahun 2013, Pemerintah Desa Nihaone terus meningkatkan fasilitas yang nyaman untuk pengunjung, seperti balai atau ruang pertemuan, listrik, toilet umum, kamar ganti, tempat cuci tangan serta tempat rekreasi lain untuk bersantai dan berfoto-foto menikmati pemandangan di sekitar pantai. 

Selain itu di tempat ini juga menyediakan berbagai kuliner lokal khas Adonara, warung kopi, warung dan penginapan sementara di rumah-rumah warga.

- Iklan -

Akses Menuju Pantai Ina Burak

Bagi kalian yang belum pernah atau berniat kunjung ke Pantai Ina Burak, tidak perlu merasa khawatir. Pantai Ina Burak bisa dikunjungi kapan saja ataupun pada musim libur tiba seperti hari Natal dan Tahun Baru, liburan Paskah dan Idul Fitri. Tempat ini selalu bisa diakses melalui transportasi darat, laut dan udara.

Transportasi Darat

Jika dari luar kota berkunjung ke Pantai Ina Burak tentu memiliki kepuasan tersendiri. Menikmati pemandangan hutan, laut, pegununga, perbukitan dan jalan berkelok-kelok. Dari Labuan Bajo sampai Larantuka. Saat tiba di Larantuka, bisa langsung menggunakan kapal motor, menyebrang ke Waiwerang pulau Adonara. Perjalanan dari Waiwerang ke pantai Ina Burak bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih  30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Baca Juga :  Kotajogo, Tebing Batu Pantai yang Eksotis

Transportasi  Laut

Bagi wisatawan yang lebih tertarik menikmati perjalanan dengan transportasi laut ke pantai Ina Burak. Ada beberapa alternatif perjalanan yang bisa ditempuh, bisa menggunakan kapal Fery dari Kupang ke pelabuhan Waibalun di Larantuka atau bisa langsung Fery Kupang ke pelabuhan Deri Adonara. 

- Iklan -

Sedangkan untuk pengunjung dari arah Flores bagian barat bisa langsung dengan kapal Sabuk Nusantara. Dengan rute, Makassar, Labuan bajo, Ende dan terakhir di Menanga Pulau Solor. Dari Pulau Solor bisa langsung menggunakan kapal motor menuju Waiwerang dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Transportasi  Udara

Ataupun dengan menggunakan transportasi udara, maskapai Transnusa Airlines secara langsung menghubungkan bandara GewayanTana Larantuka dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Kupang, Surabaya, Makassar dan Jakarta.

- Iklan -

Mau lihat keindahan Indonesia lainnya?
Yuk tekan tombolnya!

BAGIKAN