Cacing Tambelo Menembah Stamina Pria

Cacing tambelo memang bukan cacing biasa, cacing ini sejenis moluska dan tidak berada di dalam tanah.

| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |

Mau nulis? Lihat caranya yuk!
Bagikan keindahan Indonesia yang ada disekitarmu di Dimensi Indonesia!

Liburan ke Papua, jangan lupa cicipi kuliner ekstrem di sana. Namanya cacing tambelo, berbentuk seperti cacing tapi kulitnya putih, punya taring, lembek dan berlendir. Konon, banyak khasiatnya untuk tubuh lho!

Cacing tambelo memang bukan cacing biasa. Cacing ini sejenis moluska dan tidak berada di dalam tanah, melainkan hidup di batang pohon yang sudah busuk.

Untuk menemukan cacing tambelo, kamu bisa terlebih dulu bertemu Suku Kamoro di kawasan Timika, Kabupaten Mimika. Atau, suku-suku lainnya seperti Suku Agats yang menempati daerah pesisir di sepanjang kabupatennya.

Bagi yang belum tahu, Timika ada di bagian agak selatan dari Pulau Papua. Cacing tambelo sudah menjadi camilan dari suku-suku tersebut. Mereka suka menyantapnya ketika sedang berburu di dalam hutan. Serta, tak sungkan untuk menghidangkannya kepada turis yang datang.

Mereka akan membawa batang-batang pohon yang sudah busuk dan lapuk terlebih dulu. Setelah itu, kampak disiapkan untuk membelah batangnya agar terbelah dua. Krak..! Cacing tambelo yang berwarna putih terlihat menyeruak dari lubang-lubang di dalam kayu.

Melihatnya saja, mungkin sudah bikin kamu mengerenyitkan dahi. Bisa jadi, merasa jijik juga apalagi keluar dari batang pohon yang sudah busuk dengan bau tak sedap. Sekilas, cacingnya justru mirip tentakel cumi-cumi.

Tenang dulu, atur nafas pelan-pelan. Kumpulkan nyali dan keberanian untuk mencicipi makanan khas Papua yang disebut sebagai kuliner ekstremnya. Pertama, cacing dibersihkan dahulu ke dalam air.

Cacing tambelo. Foto : Internet

Setelah itu, ambillah bagian kepalanya yang memiliki taring tapi bentuknya kecil. Copot bagian kepalanya dan belahlah bagian tubuhnya. Jangan kaget, seketika itu akan keluar cairan cokelat yang sebenarnya adalah lumpur. Kalau sudah bersih, angkat cacing tambelo tinggi-tinggi.

Baca Juga :  Jagung Titi, Makanan Pokok Flores Timur yang Jadi Simbol Pangan Lokal

Siap-siap, masukan cacing tambelo ke mulut kamu pelan-pelan seperti hendak menyeruputnya. Setelah itu, kunyahlah pelan-pelan di dalam mulut. Tektsturnya empuk dan rasa-rasanya seperti cumi mentah.

Bagaimana, merasa tertantang untuk mencoba? Meski terlihat ‘menyeramkan’, cacing tambelo bisa jadi buat kamu ketagihan. Tenang saja, jumlah cacing tambelo dalam satu batang pohon bisa mencapai belasan.

Bagi Suku Kamoro, cacing tambelo dipercaya dapat membuat kejantanan pria bertambah. Hal itu disebabkan, kandungan proteinnya sangat tinggi sehingga bisa digunakan sebagai afrodisiak alias makanan yang dapat menambah kejantanan bagi pria.

Bagikan

Bantu kami menyabarkan kaindahan Indonesia.

BACA JUGA

- Advertisement -