dimensi Indonesia
Sore di Desa Buwit
| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |
INDONESIAKU

Tentang Buwit, Senja, dan Keramahan Penduduk Setempat

Dan diantara keindahan yang paling tidak bisa dilupakan, adalah keindahan senja yang setiap sore datang. Desa ini menjadi bagian dari perjalanan pengabdian yang saya lakukan selama satu bulan. Ya, Desa Buwit akan menjadi cerita indah yang sangat sulit dilupakan.

Penulis: Ach Fuwaidi

 

Awal Februari lalu, cerita itu dimulai. Saya dan empat belas orang teman satu universitas dipertemukan untuk melaksanakan bagian akhir dari tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat. Kita akan senantiasa mengabdikan diri pada satu desa yang berjarak beberapa kilometer saja dari tempat wisata tanah lot.

 

musium
Pemandangan Desa Buwit di sore hari

Tak banyak orang tahu tentang keberadaan desa tersebut. Desa yang terletak dibagian selatan Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan memang jarang sekali muncul diberbagai media massa untuk diberitakan. Namun keindahan desa tersebut tampaknya akan menjadi primadona baru dalam beberapa tahun ke depan. Mengingat potensi yang diberikan sangat amat menjanjikan.

 

Desa Buwit menjadi salah satu desa yang sangat layak untuk diperhitungkan. Potensi persawahan yang sangat menjanjikan, kebersihan desa yang begitu diperhatikan hingga keramahan dan cinta yang diberikan warga terhadap pendatang yang sangat sulit dilupakan.

 

musium
Masyarakat yang ramah.

Saya akan mulai memberi gambaran secara utuh, tentang Desa Buwit yang selama satu bulan menjadi rumah bagi saya dan empat belas teman untuk melaksanakan pengabdian. Desa ini menjadi tempat bagi kami memberikan segala sumbangsih tenaga dan pikiran untuk menjadi bagian dari solusi ditengah masalah-masalah yang ada di masyarakat.

 

Desa Buwit dikenal dengan area persawahan yang luasnya sangat signifikan. Namun persoalan utama yang hampir dihadapi bagi para petani di desa ini adalah hasil dari pertanian mereka yang kurang optimal. Maka dari itu kami memberikan penyuluhan tentang pentingnya pertanian hulu dan hilir untuk meningkatkan produksi yang mereka lakukan. Bayannya persawahan di desa ini juga memberi gambaran pesona yang indah sejauh mata memandang.

 

musium
Rapat di banjar-banjar adat

Selain area persawahan yang membentang, keramahan penduduk juga sangat menarik untuk diperbincangkan. Mungkin semua tahu bahwa sistem yang terdapat di desa-desa yang ada di Bali menerapkan dua sistem, yang pertama desa dinas dan yang kedua desa adat. Kami sering terlibat langsung di kegiatan-kegiatan adat yang terdapat di desa.

 

Ikut serta rapat di banjar-banjar adat, turut juga ambil bagian di kegiatan karang taruna dalam rangka mempersiapkan Hari Raya Nyepi. Terlibat langsung dalam acara ibu-ibu PKK yang menjadi agenda rutinan setiap satu minggu sekali. Hal itu semua kami lakukan atas dasar cinta dan takjub dengan keramahan yang diberikan seluruh elemen masyarakat desa.

 

musium
Gotong royoang membersikan desa

Kebersihan juga menjadi hal yang sangat luar biasa untuk diperhatikan. Desa ini telah memberi contoh bahwa agenda rutin membersihkan desa setiap Hari Minggu menjadi hal penting untuk terus dilakukan. Bahkan kami bisa belajar bahwa memberikan sedikit waktu bagi kebersihan desa akan menjadi bagian yang sangat amat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat.


Kini rasa rindu itu baru terasa setelah satu minggu yang lalu meninggalkan Desa Buwit untuk melanjutkan aktifitas tugas akhir sebagai mahasiswa yang begitu padat. Jika ada waktu, mungkin dalam beberapa ke dapan akan mengunjungi desa yang sudah memberi cerita indah selama satu bulan.

 

musium

Ach. Fuwaidi

 

Kalau kamu juga ingin mengenalkan Indonesia pada dunia, silahkan kirim cerita kamu ke email kami di dimensi.indonesia1@gmail.com. Kami dengan senang hati akan membagikan cerita kamu.

 

Share:
Post Artikel

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

ARTIKEL TERBARU
X
close
Banner iklan disini
close
close