musium
Danau Tempe, Sengkang, Sulsel
| www.dimensiindonesia.com | cerita Indonesia tentang keindahan alamnya, keunikan dan keberagaman budayanya |
WISATA

Danau Tempe, Danau dengan Ikan Tawar Paling Banyak di Dunia

Danau Tempe ini berada di Kecamatan Tempe, Wajo, Sulawesi Selatan. Dari pusat kota, bisa ditempu dalam waktu 30 menit. Letaknya sekitar 7 km dari kota Sengkang. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia, lho.

Penulis:
Kasman | 26 Desember 2016

 

 

Terik matahari di siang itu tidak menyurutkan niat penulis, untuk melanjutkan perjalanan menyusuri Danau Tempe. Karena jumlah kami hanya berdua, kami pun akhirnya menyewa 1 perahu.

Setelah tawar-menawar, satu perahu dipatok dengan harga Rp 150.000, harga terbilang murah bila dibandingkan dengan keseruan yang akan Anda dapatkan. Wisata perahu Danau Tempe sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, karena di siang hari matahari sangat panas menyengat.

 

danau tempe
Ibu penghuni rumah terapung di Danau Tempe

Di sepanjang Danau, Anda bisa menyaksikan aktivitas sehari-hari penduduk setempat. Sebagai penghasil ikan air tawar terbesar, danau ini menjadi sumber mata pencaharian mereka. Penduduk memanfaatkan air danau untuk minum, mencuci dan mandi.

 

Selain itu, lahan di sekitar danau sangat subur. Lahan tersebut dimanfaatkan penduduk untuk ditanam jagung dan sayuran. Setelah 30 menit berperahu, akhirnya kami sampai di Kampung Terapung. Dinamakan Kampung.

 

danau tempe
Mayoritas masyarakat di sekitar danau menggantungkan diri dengan ikan di danau ini.

Terapung karena di sini terdapat puluhan rumah yang mengapung, dibangun di atas air.

Kami menyempatkan mampir di salah satu rumah penduduk untuk berteduh dari terik matahari yang panas. Sambil berbagi cerita perjalanan dengan Pak Dani, pengemudi perahu kami, pemilik rumah menyuguhkan kami minuman hangat. Secangkir kopi hitam.

 

Oiya, Sebagian besar rumah apung memiliki dinding dari bambu dan tidak bersekat. Rumah apung tidak berbilik sehingga aktivitas makan dan tidur dilakukan di satu ruangan. Dapur dan kamar kecil terletak di bagian belakang rumah.

 

danau tempe
Perahu jadi alat transportasi utama di danau ini

Aktivitas sehari-hari seperti memasak, mandi dan lainnya dilakukan di atas danau. Meski semua aktivitas dilakukan di atas air, penduduk setempat masih ada yang memelihara hewan peliharaan seperti ayam atau kucing layaknya di darat.

 

Kandang hewan peliharaan ditempatkan dibagian belakang rumah. Aktivitas penduduk di Danau Tempe masih tergolong alami. Sebagian besar menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan yang lain menggarap lahan di sekitar danau.

 

danau tempe
Ada puluhan rumah apung di danau ini.

Keunikan lain yang bisa kita temui di Danau Tempe yakni Anda bisa menyaksikan burung belibis dan aneka jenis burung yang bermigrasi. Danau Tempe merupakan habitat berbagai jenis burung.

Sayangnya tumbuhan eceng gondok menyembunyikan sebagai keindahan danau terluas di Sulawesi ini.

 

Sebarkan:

Post Artikel

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

Membingkai Indonesia

ARTIKEL TERBARU
X
close
Banner iklan disini
close
close